BMG Institute

PMK Terbaru: Peraturan Kementerian Keuangan 172/2023

Gedung Kemenkeu, Kemenkeu meresmikan PMK Terbaru

Pada tanggal 29 Desember 2023, Menteri Keuangan meresmikan PMK terbaru, yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 172 Tahun 2023 tentang Penerapan Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha dalam Transaksi yang Dipengaruhi Hubungan Istimewa. Peraturan ini merupakan peraturan terbaru yang mengatur mengenai penerapan prinsip kewajaran dan kelayakan usaha dalam transaksi antar perusahaan yang memiliki hubungan istimewa.

Pada tanggal 29 Desember 2023, Menteri Keuangan mencabut tiga Peraturan Menteri Keuangan, yaitu

Ketiga peraturan tersebut dicabut karena dianggap tidak memadai dalam memenuhi kebutuhan perpajakan terkait penerapan prinsip kewajaran dan kelayakan usaha (PKKU) dalam transaksi yang dipengaruhi hubungan istimewa.

BMG INSTITUTE menyediakan

Pelatihan berkualitas yang inovatif, membantu individu dan perusahaan mencapai potensi penuh mereka.

Perubahan dalam Peraturan Menteri Keuangan 172/2023

Meskipun tidak signifikan, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 172 Tahun 2023 tetap mengalami beberapa perubahan atau perincian. Salah satunya adalah perincian pada penerapan metode pembagian laba (profit split method). Profit split method mulai dijelaskan pada Pasal 9 ayat (6) dan kemudian diperjelas lagi pada Pasal 10 ayat (4) dan 11 ayat (1).

Perubahan lainnya adalah penambahan jenis transaksi yang harus menerapkan PKKU dari 6 jenis menjadi 7 jenis. Perubahan ini tercantum pada Pasal 4 ayat (6).

Peraturan Menteri Keuangan 172/2023 pasal 12 ayat (2) juga menginformasikan bahwa nilai indikator harga Transaksi Independen dibuat berdasarkan data pembanding tahun tunggal (single year). Nilai indikator harga Transaksi Independen juga dapat dibuat berdasarkan data pembanding tahun jamak (multiple year) sepanjang dapat meningkatkan kesebandingan.

Lebih Lanjut tentang Peraturan Menteri Keuangan Nomor 172 Tahun 2023 ini dapat Anda akses di web resmi JDIH Kementerian Keuangan.

Baca juga:

PPh 21 Terbaru: Perhitungan Tarif Efektif PPh dalam PP 58/2023

BMG Institute Training

BMG Institute, sebagai bagian dari BMG Consulting Group (PT. Bina Manajemen Global), merupakan penyelenggara training unggulan yang secara khusus memfokuskan pada pengembangan profesionalisme dan peningkatan keterampilan dalam beragam bidang industri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top