BMG Institute

Human Resource: Pengertian dan Tanggung Jawabnya

Ilustrasi Divisi Human Resource

Human resource (HR) mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja, mulai dari perekrutan, seleksi, pelatihan, pengembangan, kompensasi, hingga hubungan industrial.

Karyawan merupakan aset berharga bagi perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu, kehadiran HR dalam suatu instansi sangatlah penting dalam mengelola, mengembangkan, dan memelihara tenaga kerja perusahaan.

BMG INSTITUTE menyediakan

Pelatihan berkualitas yang inovatif, membantu individu dan perusahaan mencapai potensi penuh mereka.

Apa itu Human Resource?

Human resource (HR) atau sumber daya manusia (SDM) adalah divisi atau bagian dalam suatu organisasi atau perusahaan yang bertugas untuk mengelola segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja, mulai dari perekrutan, seleksi, pelatihan, pengembangan, kompensasi, dan hubungan industrial.

Secara umum, tugas HR adalah untuk memastikan bahwa karyawan memiliki hal-hal yang diperlukan oleh perusahaan melalui tanggung jawab yang dikerjakan sehari-hari serta membantu dalam penyediaan kebutuhan karyawan untuk menciptakan budaya kerja yang sehat dan sesuai.

Peran dan Tanggung Jawab HR

Berikut adalah beberapa tanggung jawab departemen HR.

1. Mengelola sumber daya manusia perusahaan

HR bertanggung jawab untuk mengelola seluruh karyawan di perusahaan, mulai dari pendataan, penempatan, pengembangan, hingga evaluasi kinerja.

2. Merekrut dan menyeleksi calon karyawan

HR bertanggung jawab untuk mencari dan menyeleksi calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Memberikan penilaian kinerja bagi karyawan

HR bertanggung jawab untuk menilai kinerja karyawan secara berkala untuk mengetahui tingkat pencapaian karyawan dan memberikan umpan balik untuk perbaikan.

4. Mengembangkan kompetensi tiap individu yang ada

HR bertanggung jawab untuk mengembangkan kompetensi karyawan melalui berbagai program pelatihan dan pengembangan.

5. Mendukung dalam perencanaan dan pengelolaan karir karyawan

HR bertanggung jawab untuk membantu karyawan dalam merencanakan dan mengembangkan karir mereka.

6. Menjaga hubungan industrial yang baik

HR bertanggung jawab untuk menjaga hubungan yang baik antara perusahaan dengan karyawan, termasuk dalam hal penyelesaian perselisihan industrial.

SDM merupakan salah satu divisi terpenting dalam suatu organisasi. SDM yang efektif dan efisien dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya dan meningkatkan kinerja karyawan.

Baca juga:

PMK 168 Tahun 2023: Ketentuan Pelaksanaan Pemotongan PPh

BMG Institute Training

BMG Institute, sebagai bagian dari BMG Consulting Group (PT. Bina Manajemen Global), merupakan penyelenggara training unggulan yang secara khusus memfokuskan pada pengembangan profesionalisme dan peningkatan keterampilan dalam beragam bidang industri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top