BMG Institute

Ultimate Guide In Developing S.O.P For Higher Organizational Performance

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Standard Operating Procedure (SOP)

Deskripsi

Perusahaan dan organisasi yang tengah berkembang harus memiliki tata kelola yang efektif. Tata kelola ini mencakup keputusan, instruksi, dan himbauan yang jelas, yang memastikan tanggung jawab tidak dilempar antar karyawan, hasil kerja tim terkontrol dengan baik, dan miskomunikasi jarang terjadi. SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah kunci dari tata kelola yang baik, karena SOP memberikan kerangka kerja yang jelas dan terstruktur. Training “Ultimate Guide In Developing S.O.P For Higher Organizational Performance” dirancang untuk memberikan peserta keterampilan praktis dan komprehensif dalam mengembangkan SOP yang penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan organisasi secara keseluruhan.

  1. Melakukan analisis proses bisnis dengan tepat dan detail: Peserta diharapkan mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mendokumentasikan proses bisnis yang ada dalam organisasi secara tepat dan mendetail.
  2. Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) secara efektif dan efisien sesuai kebutuhan organisasi: Peserta diharapkan dapat mengembangkan SOP yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan organisasi, dengan memperhatikan aspek efektivitas dan efisiensi.
  3. Melakukan sosialisasi, audit kepatuhan, dan uji pelaksanaan dalam setiap kebijakan yang dikeluarkan: Peserta diharapkan dapat melakukan sosialisasi terhadap SOP yang dibuat, melakukan audit kepatuhan terhadap kebijakan yang dikeluarkan, serta melakukan uji pelaksanaan SOP untuk memastikan implementasinya sesuai dengan standar yang ditetapkan.
  4. Memimpin tim perubahan organisasi secara strategis: Peserta diharapkan mampu memimpin tim dalam melakukan perubahan organisasi dengan pendekatan yang strategis, termasuk dalam mengembangkan dan mengimplementasikan SOP baru untuk meningkatkan kinerja dan hasil organisasi secara keseluruhan.

Para Manajer, Supervisor, Kepala Bagian, Pimpinan, HR, System Audit, dan siapa pun yang bertanggung jawab atau berminat dalam mengembangkan keterampilan menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) perlu mengikuti pelatihan “Ultimate Guide In Developing S.O.P For Higher Organizational Performance”. Hal ini termasuk mereka yang ingin meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kinerja organisasi melalui pengembangan SOP yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Metode Pelatihan “Ultimate Guide In Developing S.O.P For Higher Organizational Performance” mengutamakan praktek dengan perbandingan 70% praktek dan 30% teori. Berikut adalah beberapa teknik yang digunakan dalam pelatihan tersebut:

  1. Presentasi: Materi teori dan konsep disampaikan melalui presentasi untuk memberikan pemahaman dasar kepada peserta.
  2. Simulasi: Peserta akan melakukan simulasi dalam menyusun SOP berdasarkan kasus-kasus yang diberikan.
  3. Role Play: Peserta akan memainkan peran tertentu dalam situasi tertentu untuk mempraktikkan penerapan SOP.
  4. Diskusi Kelompok: Peserta akan berpartisipasi dalam diskusi kelompok untuk berbagi pengalaman, ide, dan pemahaman terkait pengembangan SOP.
  5. Games: Penggunaan permainan atau games yang berkaitan dengan pembuatan SOP untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta.
  6. Multimedia: Penggunaan media multimedia seperti video, gambar, atau materi interaktif untuk memberikan contoh konkret terkait pembuatan SOP.

Dengan kombinasi metode tersebut, peserta diharapkan dapat mengembangkan keterampilan praktis dalam menyusun SOP yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Metode ini juga memastikan pembelajaran yang interaktif, menarik, dan dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta.

  1. Sasaran Bisnis, Strategi, Struktur, Sistem, dan Budaya Kerja:
    • Pemahaman tentang hubungan antara sasaran bisnis, strategi organisasi, struktur organisasi, sistem operasional, dan budaya kerja dalam konteks pengembangan SOP.
  2. Hirarki Pengambilan Keputusan:
    • Pemahaman tentang hirarki pengambilan keputusan dalam organisasi dan bagaimana hal ini mempengaruhi proses pengembangan SOP.
  3. Business Process Mapping, Business Process Analysis:
    • Teknik dan langkah-langkah dalam melakukan business process mapping untuk mengidentifikasi dan menganalisis proses bisnis yang ada.
  4. Unsur Penyusun Standard Operating Procedures (SOP), Job Manuals, Work Instructions:
    • Penjelasan mengenai unsur-unsur yang harus ada dalam penyusunan SOP, job manuals, dan work instructions, termasuk format dan konten yang tepat.
  5. Metode dan Teknik Penyusunan Standard Operating Procedures:
    • Pengenalan terhadap berbagai metode dan teknik yang dapat digunakan dalam penyusunan SOP, seperti flowcharting, checklist, dan diagram proses.
  6. Mekanisme Penyusunan, Sosialisasi, Pengesahan, Monitoring & Evaluasi SOP:
    • Proses dan mekanisme yang diperlukan dalam penyusunan SOP, termasuk tahap sosialisasi, pengesahan, serta monitoring dan evaluasi untuk memastikan keberhasilan implementasi SOP.

Pelatihan ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif dan praktis tentang bagaimana mengembangkan SOP yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan organisasi, serta cara mengelola proses pengesahan, implementasi, dan evaluasi SOP untuk mencapai kinerja organisasi yang lebih tinggi.

Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 12-15 Juni 2024
  • 21-23 Agustus 2024
  • 8-10 Oktober 2024
  • 11-13 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 12-15 Juni 2024
  • 21-23 Agustus 2024
  • 8-10 Oktober 2024
  • 11-13 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top