BMG Institute

Training For Trainers

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Training For Trainers

Deskripsi

Konsep pelatihan yang mencakup peningkatan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude) dalam pengembangan sumber daya manusia di perusahaan sangat penting dalam mencapai hasil yang positif. Pelatihan untuk pelatih (Training For Trainers) adalah pendekatan yang memungkinkan para pelatih untuk mengembangkan keterampilan dan strategi yang diperlukan untuk efektif mengajarkan dan mentransfer pengetahuan kepada karyawan lainnya. Berikut adalah beberapa poin penting terkait konsep pelatihan tersebut:

  1. Pengetahuan (Knowledge): Pelatihan harus memastikan bahwa para pelatih memiliki pengetahuan yang mendalam tentang materi yang diajarkan. Ini mencakup pemahaman yang komprehensif tentang topik pelatihan, tren industri terkini, dan praktek terbaik dalam bidang tersebut.
  2. Keterampilan (Skill): Selain pengetahuan, pelatihan juga harus fokus pada pengembangan keterampilan praktis yang diperlukan untuk mengajar dengan efektif. Ini mencakup keterampilan komunikasi, keterampilan presentasi, kemampuan memotivasi, dan kemampuan untuk mengelola waktu dan materi pelatihan dengan baik.
  3. Sikap (Attitude): Aspek sikap sangat penting dalam pelatihan. Pelatih harus memiliki sikap yang positif, termotivasi, sabar, dan empati terhadap peserta pelatihan. Sikap ini akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi peserta pelatihan untuk belajar dengan maksimal.
  4. Metode Pembelajaran yang Efektif: Konsep pelatihan juga melibatkan pemilihan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pelatihan dan karakteristik peserta. Ini bisa mencakup penggunaan studi kasus, simulasi, permainan peran, diskusi kelompok, presentasi, dan teknologi pembelajaran digital.
  5. Evaluasi dan Umpan Balik: Penting untuk memiliki mekanisme evaluasi yang kuat untuk mengukur efektivitas pelatihan. Ini melibatkan penggunaan tes, kuis, penugasan, dan umpan balik dari peserta dan atasan mereka untuk mengevaluasi pemahaman mereka dan dampak pelatihan terhadap kinerja mereka di tempat kerja.

Dengan menerapkan konsep pelatihan yang menyeluruh dan holistik seperti ini, perusahaan dapat meningkatkan kompetensi dan produktivitas karyawan mereka, menciptakan lingkungan kerja yang lebih efisien dan inovatif, serta memperkuat posisi mereka di pasar.

Pelatihan Sebagai Subjek Konsep Pelatihan

Konsep pelatihan untuk pelatih (Training For Trainers) menempatkan pelatih sebagai subjek utama dalam pengembangan sumber daya manusia. Berikut adalah poin-poin yang dijelaskan dalam konteks ini:

  1. Penguasaan Pengetahuan Konseptual: Pelatih harus memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep yang relevan dalam bidangnya. Pengetahuan konseptual ini menjadi landasan bagi pelatih untuk merancang program pelatihan yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  2. Keterampilan dalam Mendisain Program Pelatihan: Harapan manajemen perusahaan terhadap pelatih adalah kemampuannya dalam merancang program pelatihan yang memadai. Ini mencakup pemilihan metode pembelajaran yang tepat, materi yang relevan, dan strategi evaluasi yang efektif.
  3. Keterampilan Komunikasi dan Mengajar: Pelatih juga diharapkan memiliki keterampilan komunikasi yang baik agar dapat menyampaikan materi pelatihan dengan jelas dan menarik. Kemampuan mengajar yang efektif juga menjadi fokus dalam konsep pelatihan ini.
  4. Kepedulian terhadap Peserta: Seorang pelatih yang sukses juga harus sensitif terhadap kebutuhan dan karakteristik peserta pelatihan. Hal ini memungkinkan pelatih untuk mengoptimalkan pembelajaran setiap peserta dan memastikan penggunaan maksimal dari pelatihan tersebut oleh atasannya.
  5. Lokakarya dan Program Pelatihan: Program Certified Training For Trainers didesain secara khusus untuk memberikan peserta bekal dalam merancang dan melaksanakan program pelatihan secara terpadu. Mulai dari perencanaan hingga evaluasi akhir, peserta akan dilatih dalam aspek-aspek penting pelatihan.
  6. Metode Pembelajaran Partisipatif: Program pelatihan ini menggunakan metode pembelajaran yang praktis dan partisipatif, seperti studi kasus, kuliah, dan diskusi kelompok. Tujuannya adalah untuk membentuk wawasan yang sesuai dengan kepentingan perusahaan dan memastikan bahwa pelatihan memberikan dampak yang positif.

Dengan mengintegrasikan konsep pelatihan yang menyeluruh dan melibatkan pelatih sebagai subjek utama, perusahaan dapat mengembangkan tim pelatih yang kompeten dan efektif dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia dan mencapai tujuan organisasi secara keseluruhan.

  1. Memahami Pengetahuan Konseptual: Tujuan pertama dari program ini adalah membantu para peserta memahami pengetahuan konseptual yang menjadi acuan dalam berpikir seorang pelatih. Ini termasuk pemahaman mendalam tentang konsep-konsep penting dalam bidang pelatihan orang dewasa.
  2. Memahami Dasar-dasar Keterampilan Mendisain, Menyelenggarakan, dan Mengevaluasi Metode dan Teknik Pelatihan Manajemen: Peserta juga diharapkan dapat memahami dasar-dasar keterampilan yang diperlukan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi metode serta teknik pelatihan yang efektif, khususnya dalam konteks manajemen.
  3. Menghayati Sikap Mental Positif: Program ini juga bertujuan untuk mengembangkan sikap mental positif bagi seorang pelatih yang kreatif. Ini meliputi sikap proaktif, inovatif, sabar, dan adaptif dalam menghadapi berbagai tantangan dan situasi yang muncul dalam proses pelatihan.
  4. Sertifikasi: Peserta yang memenuhi kriteria kelulusan, baik melalui tes tertulis maupun praktek, akan diberikan sertifikasi sebagai bukti bahwa mereka telah berhasil menyelesaikan program Training For Trainers dengan kompetensi yang sesuai.

Peserta yang sesuai untuk mengikuti program Training For Trainers meliputi:

  1. Training Manager: Manajer pelatihan yang bertanggung jawab untuk merancang, mengelola, dan mengawasi program pelatihan di perusahaan. Mereka memiliki peran penting dalam mengembangkan kompetensi pelatih internal dan memastikan efektivitas pelatihan untuk pengembangan sumber daya manusia.
  2. Personel Manager: Manajer sumber daya manusia yang memiliki tanggung jawab dalam mengelola dan mengembangkan potensi karyawan di perusahaan. Mereka juga seringkali terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan.
  3. Mereka yang Mendapat Tugas Khusus untuk Merancang dan Mendisain Program Pelatihan Intern Perusahaan: Peserta yang diberi tugas khusus untuk merancang dan mendisain program pelatihan internal perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan organisasi.
  4. Mereka yang Berniat Keras untuk Meningkatkan Diri dalam Bidang Pelatihan: Individu yang memiliki motivasi tinggi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam bidang pelatihan. Mereka ingin menjadi lebih efektif dalam merancang, mengelola, dan memberikan pelatihan yang bermutu.
  5. Instruktur/Fasilitator Intern Perusahaan/Organisasi: Individu yang bertanggung jawab sebagai instruktur atau fasilitator dalam menyampaikan materi pelatihan kepada karyawan atau anggota organisasi. Mereka dapat memperoleh manfaat besar dari program ini untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengajar dan membimbing peserta pelatihan.
  1. Orang Dewasa sebagai Fokus: Kegiatan pembelajaran dirancang untuk mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan pembelajaran orang dewasa, seperti keterlibatan aktif, relevansi materi, dan pengalaman sebelumnya.
  2. Belajar dari Pengalaman: Pembelajaran didasarkan pada konsep belajar dari pengalaman, di mana peserta diharapkan dapat mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dalam konteks pengalaman mereka sendiri.
  3. Metode Pembelajaran yang Beragam:
    • Ceramah: Untuk menyampaikan informasi dasar dan konsep-konsep kunci.
    • Tanya Jawab: Untuk memperjelas konsep dan memastikan pemahaman peserta.
    • Diskusi Kelompok: Untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pembelajaran kolaboratif.
    • Bermain Peran: Untuk mengaktifkan pemahaman melalui simulasi situasi tertentu.
    • Pengalaman Terstruktur: Untuk memperkuat pembelajaran melalui kegiatan praktis dan latihan.

Modul 1: Tantangan Organisasi dan Kebutuhan Pengembangan SDM

  1. Tantangan Organisasi Modern
  2. Pentingnya Pengembangan SDM
  3. Peran Pelatihan dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi

Modul 2: Training

  1. Manfaat Training bagi Bisnis
  2. Kapan Training Dapat Dilakukan
  3. Peran dan Syarat Menjadi Trainer
  4. Rentang Pembelajaran (Guiding-Teaching-Coaching-Training-Mentoring)
    • Exercise 1: Kelompok

Modul 3: Prinsip-prinsip Belajar Orang Dewasa, Motivasi, Memori & Gaya Belajar

  1. Prinsip-prinsip Belajar Orang Dewasa
  2. Faktor Motivasi dalam Pembelajaran
  3. Memori dan Pengingatan
  4. Gaya Belajar dan Strategi Pembelajaran yang Efektif

Modul 4: Merancang Kebutuhan Training

  1. Analisis Kebutuhan Pembelajaran
  2. Menetapkan Tujuan Belajar yang Jelas
  3. Memahami Peserta dan Kebutuhan Mereka
  4. Pengembangan Materi dan Metode Kreatif
    • Menggunakan 6 Topi Berpikir dan Mind Mapping
    • Metode Pembelajaran: AIR (Action, Interaction, Reflection)
  5. Persiapan Logistik
    • Exercise 2: Merancang Kebutuhan Training (setiap peserta)

Modul 5: Mendeliver Training

  1. Faktor Motivasi dalam Pelatihan
  2. Prinsip-prinsip Penyampaian yang Efektif
  3. Komunikasi yang Efektif
    • Penggunaan Kata Jelas dan Bahasa Tubuh
  4. Top Ten Delivery Tips
  5. Pembuatan Hand-out Training yang Profesional
  6. Alat Bantu Visual
  7. Mengelola Kelas dan Pergerakan di dalam Kelas
    • Blocking Koreografi
  8. Pemilihan Dress Code yang Tepat
  9. Menghadapi Peserta yang Sulit atau Gaduh
  10. Do’s and Don’ts
    • Exercise 3: Mendeliver Training (setiap peserta)
Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 20-21 Mei 2024
  • 6-7 Juni 2024
  • 4-5 Juli 2024
  • 12-13 September 2024
  • 8-9 Oktober 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 20-21 Mei 2024
  • 6-7 Juni 2024
  • 4-5 Juli 2024
  • 12-13 September 2024
  • 8-9 Oktober 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top