BMG Institute

The World Class’s Human Resource Management

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

HR Management Development Program

Deskripsi

Program pelatihan The World Class’s Human Resource Management didesain untuk mengatasi tantangan dalam menghadapi krisis ekonomi dan keuangan yang sedang melanda dunia. Para ahli manajemen telah menyoroti pentingnya memiliki SDM yang berkualitas untuk dapat bertahan dan berkembang di tengah ketidakpastian ini. Oleh karena itu, program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para pimpinan organisasi dalam mengelola SDM secara efektif dan strategis.

Beberapa poin penting yang akan dicakup dalam program pelatihan ini meliputi:

  1. Analisis Tren dan Tantangan: Memahami secara mendalam tren-tren global dan tantangan yang dihadapi oleh organisasi saat ini, terutama dalam konteks krisis ekonomi dan keuangan.
  2. Strategi Manajemen SDM: Menyusun strategi yang efektif dalam mengelola SDM, termasuk dalam hal rekrutmen, pengembangan, motivasi, dan retensi karyawan yang berkualitas.
  3. Leadership Development: Membangun kepemimpinan yang kuat dan inspiratif, yang mampu membawa organisasi melalui masa-masa sulit dan menginspirasi karyawan untuk memberikan yang terbaik.
  4. Peran Teknologi: Memanfaatkan teknologi dan inovasi dalam manajemen SDM untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas layanan.
  5. Pengukuran Kinerja: Menerapkan sistem pengukuran kinerja yang akurat dan berkelanjutan, serta mengembangkan budaya kerja yang berorientasi pada pencapaian target dan hasil.
  6. Pengembangan Keterampilan Soft Skills: Menguasai keterampilan komunikasi, kepemimpinan, kolaborasi, dan adaptabilitas yang diperlukan dalam menghadapi perubahan dan kompleksitas lingkungan bisnis saat ini.

Dengan mengikuti program ini, para pimpinan organisasi diharapkan mampu mengembangkan SDM yang berkualitas, meningkatkan kinerja organisasi, dan meraih visi menjadi organisasi kelas dunia. Program ini akan memberikan wawasan, strategi, dan praktik terbaik dari para pakar manajemen kelas dunia, sehingga peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dalam meningkatkan keberhasilan dan daya saing organisasi.

Tujuan Pelatihan The World Class’s Human Resource Management adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta dalam hal manajemen SDM yang berstandar kelas dunia dan sejalan dengan strategi organisasi. Berikut adalah tujuan yang diharapkan akan tercapai setelah mengikuti pelatihan ini:

  1. Memahami Konsep Manajemen SDM Kelas Dunia: Peserta diharapkan dapat memahami konsep, prinsip, dan praktik terbaik dalam manajemen SDM yang digunakan oleh organisasi-organisasi kelas dunia. Ini termasuk pengelolaan siklus hidup karyawan, strategi rekrutmen dan seleksi, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, dan retensi bakat.
  2. Menyusun Strategi SDM yang Selaras dengan Strategi Organisasi: Peserta akan mampu menyusun strategi manajemen SDM yang terintegrasi dengan strategi bisnis dan tujuan organisasi. Mereka akan memahami bagaimana SDM dapat menjadi mitra strategis dalam mencapai keunggulan kompetitif.
  3. Memberikan Solusi dan Rekomendasi Pemecahan Masalah: Peserta akan dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan memberikan solusi serta rekomendasi terkait dengan berbagai masalah yang berkaitan dengan pengembangan strategi, kebijakan, sistem, dan implementasi program-program manajemen SDM. Mereka akan terlatih dalam pemecahan masalah yang berorientasi pada hasil dan keberlanjutan.
  4. Membangun Keunggulan Kompetitif: Pelatihan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membangun keunggulan kompetitif melalui pengelolaan SDM yang efektif dan strategis. Mereka diharapkan dapat mengaplikasikan strategi dan praktik terbaik untuk meningkatkan kinerja dan daya saing organisasi.
  1. Pimpinan Organisasi dan Perusahaan: Para pemimpin eksekutif, direktur, manajer senior, dan pemimpin fungsional lainnya yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis terkait manajemen SDM dan pengembangan organisasi.
  2. Staf di Tim Manajemen Perubahan: Anggota tim yang terlibat dalam proses perubahan organisasi, terutama dalam konteks pengembangan SDM dan kebijakan HR yang mendukung perubahan tersebut.
  3. Profesional SDM dan HR: Manajer SDM, manajer HR, spesialis rekrutmen dan seleksi, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, retensi bakat, dan berbagai fungsi terkait SDM di organisasi.
  4. Konsultan Manajemen: Konsultan HR, konsultan manajemen perubahan, dan profesional konsultan lainnya yang membantu organisasi dalam mengatasi tantangan SDM dan mengembangkan strategi manajemen yang efektif.
  5. Akademisi dan Peneliti: Dosen, peneliti, dan akademisi yang tertarik dalam pengembangan teori dan praktik terbaik dalam manajemen SDM kelas dunia serta ingin berkontribusi dalam pemecahan masalah organisasi melalui pendekatan ilmiah.

Dengan demikian, pelatihan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pemimpin dan profesional yang terlibat dalam pengelolaan SDM, pengembangan organisasi, dan manajemen perubahan. Peserta diharapkan dapat membawa pulang pengetahuan, keterampilan, dan strategi yang dapat diterapkan secara langsung dalam lingkungan kerja mereka untuk mencapai tujuan strategis dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

  1. Ceramah: Pada sesi ceramah, peserta akan mendapatkan penjelasan mendalam tentang konsep-konsep penting dalam manajemen SDM kelas dunia. Materi-materi ini akan disampaikan oleh narasumber yang berpengalaman dan kompeten di bidang HR Management.
  2. Diskusi: Sesi diskusi akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi, bertukar pendapat, dan berbagi pengalaman terkait topik-topik yang dibahas dalam pelatihan. Diskusi juga dapat digunakan untuk membahas studi kasus, tantangan, dan solusi yang relevan.
  3. Games: Penggunaan games atau permainan edukatif akan membantu menjaga keaktifan peserta, memperkuat pemahaman konsep, serta meningkatkan keterlibatan dan kolaborasi antar peserta. Games juga dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan praktis yang diperlukan dalam manajemen SDM.
  4. Tugas Individual dan Kelompok: Memberikan tugas-tugas individu dan kelompok akan membantu peserta dalam mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari ke dalam situasi nyata. Tugas-tugas ini dapat berupa studi kasus, analisis, simulasi, atau pengembangan strategi SDM.

Dengan menggunakan kombinasi metode di atas, pelatihan ini akan menjadi lebih interaktif, menyenangkan, dan efektif dalam memfasilitasi pembelajaran dan pengembangan keterampilan peserta dalam manajemen SDM kelas dunia. Peserta akan memiliki kesempatan untuk belajar dari berbagai sudut pandang, berkolaborasi dengan rekan-rekan sesama profesional, dan menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan dalam konteks kerja mereka.

  1. Human Resource Management Strategy & International HRM Challenges
    • Konsep dasar strategi manajemen SDM
    • Tantangan HRM Internasional dalam konteks globalisasi
    • Peran HRM dalam menciptakan keunggulan kompetitif global
  2. Developing World Class HR Professional
    • Mengembangkan profesi SDM kelas dunia
    • Keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk menjadi HR professional yang sukses
  3. Overview about HR Dept. Functions & Roles
    • Fungsi-fungsi departemen SDM dan peran-peran yang dijalankan
    • Hubungan antara SDM dengan departemen dan fungsi lain dalam organisasi
  4. Strategic Role of International HRM
    • Peran strategis HRM internasional dalam mendukung visi dan misi organisasi global
    • Manajemen perubahan dan adaptasi terhadap lingkungan bisnis yang dinamis
  5. HR Competency Profile
    • Profil kompetensi SDM yang efektif
    • Identifikasi dan pengembangan kompetensi kunci bagi tim SDM
  6. Organization Development & Core Competencies
    • Pengembangan organisasi yang berkelanjutan
    • Identifikasi dan pengelolaan kompetensi inti (core competencies) organisasi
  7. Organization Value, Structure, and Job Description
    • Nilai-nilai organisasi dan implementasinya dalam struktur organisasi
    • Pembuatan deskripsi pekerjaan yang jelas dan relevan
  8. Competency Model and its Implications
    • Model kompetensi dan implikasinya dalam pengelolaan SDM
    • Penerapan model kompetensi dalam seleksi, pengembangan, dan evaluasi karyawan
  9. Employee Relations
    • Manajemen hubungan karyawan
    • Penanganan konflik dan pemeliharaan budaya kerja yang positif
  10. Recruitment & Selection
    • Proses rekrutmen yang efektif dan inklusif
    • Metode seleksi yang valid dan objektif
  11. Performance Management
    • Manajemen kinerja berbasis kompetensi
    • Sistem evaluasi kinerja yang terukur dan transparan
  12. People Development & Training Needs Analysis
    • Identifikasi kebutuhan pengembangan karyawan
    • Perencanaan dan pelaksanaan program pengembangan yang efektif
  13. Competencies Gap Assessment & Building a High Potential Talent
    • Evaluasi kesenjangan kompetensi (competency gap) dalam organisasi
    • Pengembangan talenta potensial untuk posisi-posisi kunci
  14. Talent Management, Career Management & Succession Planning
    • Manajemen talenta sebagai strategi pengelolaan SDM
    • Pengembangan karir dan perencanaan suksesi yang berkelanjutan
  15. Compensation and Benefits
    • Sistem kompensasi yang adil dan kompetitif
    • Pengelolaan manfaat karyawan yang efektif
Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 1-2 Juli 2024
  • 12-13 Agustus 2024
  • 27-28 September 2024
  • 13-14 November 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 1-2 Juli 2024
  • 12-13 Agustus 2024
  • 27-28 September 2024
  • 13-14 November 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top