BMG Institute

The Industrial Revolution 4.0 Talent Management

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Accelerate Competency Talent Acquisition Training

Deskripsi

Pengembangan SDM yang efektif dimulai dengan langkah-langkah yang komprehensif dalam Talent Management. Dengan hadirnya revolusi industri 4.0 yang membawa tantangan baru, perusahaan perlu memiliki strategi yang matang untuk memilih, memotivasi, dan meretensi karyawan yang memiliki potensi dan kompetensi tinggi, sehingga mereka dapat menjadi pemimpin di masa depan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil dalam mengelola talenta secara efektif:

  1. Pemetaan Potensi Karyawan: Identifikasi karyawan-karyawan yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan menjadi pemimpin di masa depan. Ini melibatkan evaluasi kinerja, pengukuran kompetensi, dan penilaian potensi.
  2. Pengembangan Karyawan: Setelah mengidentifikasi potensi, berikan program pengembangan yang sesuai untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengisi peran kepemimpinan di masa depan. Ini dapat berupa pelatihan, mentoring, atau pengalaman kerja proyek-proyek khusus.
  3. Motivasi dan Penghargaan: Berikan insentif dan penghargaan kepada karyawan yang menunjukkan komitmen dan kinerja yang luar biasa. Ini dapat berupa promosi, bonus, atau pengakuan publik atas prestasi mereka.
  4. Meretensi Bakat: Pastikan untuk mempertahankan bakat-bakat yang bernilai dengan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung, memberikan peluang karir yang jelas, dan mengakomodasi kebutuhan dan aspirasi individu.
  5. Strategi Menghadapi Revolusi Industri 4.0: Adopsi teknologi dan inovasi dalam proses pengelolaan talenta. Gunakan data analytics untuk mengidentifikasi tren, kebutuhan, dan peluang dalam pengembangan SDM. Selain itu, berikan pelatihan dan pengembangan terkait keterampilan digital dan adaptasi terhadap perubahan teknologi yang terus berkembang.

Dengan mengimplementasikan strategi ini secara komprehensif, perusahaan dapat memastikan bahwa talenta terbaiknya berkembang, terinspirasi, dan tetap berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan jangka panjang perusahaan dalam menghadapi tantangan dan peluang revolusi industri 4.0.

Setelah mengikuti pelatihan Talent Management, peserta diharapkan akan mampu untuk:

  1. Melakukan analisis kebutuhan tenaga kerja secara strategis: Peserta akan dapat menganalisis kebutuhan tenaga kerja saat ini dan di masa depan berdasarkan visi dan strategi perusahaan. Mereka akan dapat mengidentifikasi kompetensi kunci yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis.
  2. Membuat sistem manajemen talenta yang terintegrasi: Peserta akan mampu merancang dan mengimplementasikan sistem manajemen talenta yang terstruktur dan terintegrasi dengan proses bisnis perusahaan. Hal ini mencakup pengelolaan siklus hidup karyawan, dari perekrutan hingga pengembangan dan pemutusan hubungan kerja.
  3. Melakukan identifikasi, pemetaan, pengembangan, monitoring, dan penyelarasan karyawan terbaik: Peserta akan memiliki keterampilan untuk mengidentifikasi bakat-bakat terbaik di dalam organisasi, memetakan potensi mereka, mengembangkan rencana pengembangan yang sesuai, memantau kemajuan, dan menyelaraskan karyawan terbaik dengan tujuan strategis perusahaan.
  4. Memimpin tim perubahan organisasi secara strategis: Peserta akan dapat memimpin dan mengelola tim perubahan dengan memanfaatkan keterampilan kepemimpinan strategis. Mereka akan mampu mengarahkan perubahan organisasi secara efektif, memotivasi karyawan, mengelola resistensi, dan mencapai hasil yang diinginkan sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan.
  1. Manajer dan Pimpinan: Mereka memiliki tanggung jawab untuk mengelola kinerja tim, mengembangkan strategi organisasi, dan memastikan keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Mereka perlu memahami konsep dan praktik terbaik dalam manajemen talenta untuk mendukung pencapaian tujuan bisnis.
  2. Supervisor dan Kepala Bagian: Mereka berada di level yang lebih dekat dengan karyawan dan bertanggung jawab untuk mengawasi pelaksanaan tugas sehari-hari serta pengembangan karyawan di bawah pengawasan mereka. Pelatihan ini akan membantu mereka mengelola talenta secara efektif di tingkat operasional.
  3. Profesional HR: Khususnya mereka yang bekerja di bidang Manajemen SDM atau Talent Acquisition. Mereka akan mendapatkan wawasan yang mendalam mengenai strategi rekrutmen, pengembangan karyawan, retensi bakat, dan manajemen kinerja yang berorientasi pada talenta.
  4. Profesional Organization Development (OD): Mereka fokus pada pengembangan organisasi secara keseluruhan, termasuk pengelolaan perubahan dan pengembangan kepemimpinan. Pelatihan ini akan membantu mereka memahami bagaimana Talent Management dapat diintegrasikan dengan strategi pengembangan organisasi.
  5. Siapa pun yang tertarik mengembangkan keterampilan dalam Talent Management: Meskipun demikian, pelatihan ini juga terbuka bagi siapa pun yang memiliki minat dan keinginan untuk mengembangkan keterampilan dalam melaksanakan Talent Management secara komprehensif, terlepas dari jabatan atau posisi mereka di perusahaan.

Dengan demikian, peserta dari berbagai latar belakang dan fungsi di perusahaan dapat memanfaatkan pelatihan ini untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan mereka dalam mengelola talenta dengan cara yang efektif dan berkelanjutan.

Metode pelatihan yang direncanakan adalah kombinasi antara praktek dan teori dengan perincian 70% praktek dan 30% teori. Berikut adalah rincian metode pelatihan yang akan digunakan:

  1. Presentasi: Sesi presentasi akan digunakan untuk memberikan pemahaman teoritis yang diperlukan tentang konsep-konsep utama dalam Talent Management, seperti konsep sistem manajemen talenta, strategi rekrutmen, pengembangan karyawan, dan lain sebagainya.
  2. Simulasi: Peserta akan terlibat dalam simulasi situasi yang realistis dan relevan dengan konteks perusahaan mereka. Hal ini akan membantu mereka mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dalam situasi praktis, sehingga mereka dapat memahami cara mengelola talenta dalam kehidupan nyata.
  3. Role Play: Melalui role play, peserta akan berperan sebagai pemimpin atau profesional HR dalam menghadapi situasi tertentu terkait Talent Management. Hal ini akan membantu mereka mempraktikkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan yang diperlukan dalam manajemen talenta.
  4. Diskusi Kelompok: Peserta akan dibagi ke dalam kelompok untuk berdiskusi tentang studi kasus, masalah-masalah yang kompleks, dan solusi-solusi yang kreatif dalam konteks Talent Management. Diskusi kelompok akan mendorong kolaborasi, pemecahan masalah bersama, dan pertukaran ide.
  5. Games: Penggunaan games atau permainan edukatif akan membantu menjaga keaktifan peserta dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Games yang relevan dengan Talent Management dapat membantu memperkuat pemahaman konsep dan membangun keterampilan praktis.
  6. Multimedia: Penggunaan multimedia seperti video, infografis, dan materi visual lainnya akan digunakan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik-topik yang kompleks. Hal ini akan memperkaya pengalaman pembelajaran peserta melalui berbagai jenis media.

Dengan menggunakan kombinasi metode di atas, peserta akan mendapatkan pengalaman pembelajaran yang holistik dan interaktif. Mereka tidak hanya akan memahami konsep-konsep teoritis dalam Talent Management, tetapi juga dapat mengasah keterampilan praktis yang diperlukan dalam mengelola talenta secara efektif di lingkungan kerja yang dinamis dan kompleks.

  1. Pengantar dan Konsep Dasar
    • Pengenalan tentang sistem manajemen talenta
    • Perubahan paradigma dalam era revolusi industri 4.0
    • Pentingnya manajemen talenta dalam konteks perusahaan
  2. Disrupsi Cara Kerja Milenial
    • Perubahan dalam gaya kerja dan nilai-nilai generasi milenial
    • Pengaruh otomasi, digitalisasi, dan robotik terhadap lingkungan kerja
    • Strategi menghadapi perubahan cara kerja
  3. Revolusi Rekrutmen Karyawan
    • Strategi rekrutmen yang efektif di era digital
    • Pengembangan jalur karir dan pengelolaan talent pool
    • Peran teknologi dalam proses rekrutmen
  4. Quo Vadis UMP dan Retensi Pengupahan
    • Tren dan kebijakan pengupahan di era revolusi industri 4.0
    • Strategi retensi karyawan hingga usia pensiun
    • Penerapan Universal Minimum Pay (UMP) dan keadilan upah
  5. Model Talenta Terintegrasi
    • Pengenalan model kompetensi dan pentingnya pengukuran kinerja
    • Pengelolaan pengetahuan (knowledge management) dalam konteks SDM
    • Pengembangan kepemimpinan masa depan (future leadership)
  6. Studi Kasus dan Best Practices
    • Analisis studi kasus implementasi sistem manajemen talenta
    • Penyampaian best practices dalam pengelolaan talenta
    • Diskusi dan evaluasi terhadap strategi yang sukses
  7. Workshop dan Simulasi
    • Penyelenggaraan workshop untuk pengembangan keterampilan manajemen talenta
    • Simulasi penggunaan teknologi dalam manajemen talenta
    • Evaluasi hasil dan rencana tindak lanjut
Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 19-20 Agustus 2024
  • 30-1 September 2024
  • 18-19 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 19-20 Agustus 2024
  • 30-1 September 2024
  • 18-19 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top