BMG Institute

Struktur & Skala Upah

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Mendesain Salary Struktur & Skala Upah

Deskripsi

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 78/2015 dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenakertrans) No. 1/2017, perusahaan di Indonesia diwajibkan membuat Struktur & Skala Upah. Peraturan ini mengharuskan perusahaan untuk membuat Struktur & Skala Upah dengan batas waktu akhir tahun 2017, yang kemudian dijabarkan lebih lanjut dalam Permenakertrans No. 1 tahun 2017 dengan batas waktu pembuatan Struktur & Skala Upah pada bulan Oktober 2017.

Ketentuan tersebut juga mencantumkan sanksi administratif bagi perusahaan yang tidak mematuhi kewajiban tersebut, seperti teguran, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi, atau pembekuan kegiatan usaha. Dinas tenaga kerja di Indonesia bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan, sidak, dan pemeriksaan secara langsung ke kantor-kantor perusahaan untuk memastikan ketaatan terhadap peraturan tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa peraturan tersebut memiliki dampak serius bagi keberlangsungan bisnis perusahaan, sehingga perusahaan diharapkan untuk mematuhi kewajiban tersebut secepat mungkin.

  1. Memberikan bekal kepada peserta agar dapat membuat struktur skala upah yang baik & benar: Pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada peserta mengenai prinsip-prinsip dasar dalam pembuatan struktur dan skala upah yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh PP No. 78/2015 dan Permenakertrans No. 1/2017. Peserta akan dibekali dengan pengetahuan tentang faktor-faktor yang harus dipertimbangkan, metode perhitungan yang tepat, dan cara mengatur struktur upah yang adil dan sesuai dengan kebijakan perusahaan.
  2. Peserta dapat memenuhi peraturan PP No. 78/2015 dan Permenakertrans No. 1/2017: Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan dapat memahami dengan jelas persyaratan yang tercantum dalam peraturan tersebut. Mereka akan belajar bagaimana menerapkan prinsip-prinsip pengupahan yang ditetapkan oleh pemerintah dengan benar dan sesuai prosedur.
  3. Perusahaan terhindar dari sanksi administratif: Dengan mengikuti pelatihan ini, perusahaan dapat memastikan bahwa struktur dan skala upah yang mereka terapkan memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan demikian, mereka dapat menghindari sanksi administratif yang mungkin diberlakukan apabila tidak mematuhi peraturan tersebut. Pelatihan akan membantu perusahaan untuk tetap beroperasi secara legal dan meminimalkan risiko terhadap potensi pelanggaran hukum terkait upah karyawan.

Dengan demikian, pelatihan Struktur & Skala Upah bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta, memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, dan menjaga keberlangsungan operasional perusahaan dengan meminimalkan risiko sanksi administratif.

  1. Overview Pasal-pasal tentang upah UU 13/2003:
    • Penjelasan mengenai Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, khususnya bagian yang berkaitan dengan upah karyawan.
  2. Overview PP No. 78/2015 tentang pengupahan:
    • Penjelasan secara menyeluruh mengenai Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, termasuk tujuan, ruang lingkup, dan ketentuan-ketentuannya.
  3. Overview Permenakertrans No. 1/2017 tentang struktur dan skala upah:
    • Pemaparan tentang isi dari Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1 Tahun 2017 mengenai struktur dan skala upah, serta implikasinya terhadap kebijakan pengupahan di perusahaan.
  4. Definisi-definisi dalam struktur & skala upah:
    • Penjelasan mengenai berbagai istilah dan konsep yang sering digunakan dalam struktur dan skala upah, seperti upah pokok, tunjangan, bonus, dan komponen lainnya.
  5. Upah Pokok & Tunjangan:
    • Penjelasan mendalam mengenai perbedaan antara upah pokok dan tunjangan, serta cara menghitungnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  6. Penyusunan struktur & skala upah:
    • Langkah-langkah dan proses yang harus dilakukan dalam menyusun struktur dan skala upah yang sesuai dengan kebijakan perusahaan dan ketentuan hukum yang berlaku.
  7. Analisis Jabatan:
    • Metode untuk melakukan analisis jabatan guna menentukan nilai relatif dari berbagai posisi pekerjaan dalam organisasi.
  8. Evaluasi Jabatan:
    • Proses evaluasi yang digunakan untuk menilai kembali nilai jabatan-jabatan dalam organisasi dan memastikan kesesuaian antara kompensasi yang diberikan dengan nilai kontribusi pekerja.
  9. Penentuan & Pembuatan Struktur & Skala Upah:
    • Tahapan penentuan besaran upah berdasarkan analisis dan evaluasi jabatan, serta pembuatan struktur dan skala upah yang akurat dan adil.
  10. Pemberitahuan & Peninjauan:
    • Proses pemberitahuan kepada karyawan mengenai struktur dan skala upah yang berlaku, serta peninjauan secara berkala untuk menyesuaikan dengan perubahan kebijakan atau kondisi perusahaan.
  11. Simulasi & Praktek:
    • Penggunaan studi kasus, simulasi, dan latihan praktik untuk memperkuat pemahaman peserta mengenai aplikasi konsep-konsep yang telah dipelajari dalam pelatihan.
Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 4-5 Juni 2024
  • 22-23 Agustus 2024
  • 27-28 November 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 4-5 Juni 2024
  • 22-23 Agustus 2024
  • 27-28 November 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top