BMG Institute

Program Sertifikasi BNSP : General Manager Sumber Daya Manusia (SDM)

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Program Sertifikasi BNSP General Manager Sumber Daya Manusia (SDM)

Deskripsi

Program sertifikasi Skema General Manager Sumber Daya Manusia (SDM) Sertifikasi BNSP adalah inisiatif yang penting dalam meningkatkan standar kompetensi dan kualitas General Manager SDM di Indonesia. Berikut adalah beberapa poin penting terkait dengan program sertifikasi ini:

  1. Tujuan Sertifikasi: Program sertifikasi ditujukan untuk menilai dan mengakui kompetensi seorang General Manager SDM atau manajer tingkat atas yang bertanggung jawab atas fungsi manajemen SDM secara menyeluruh di sebuah organisasi.
  2. Fokus Utama: Seorang General Manager SDM memiliki tanggung jawab utama dalam perencanaan, pengembangan, dan implementasi strategi manajemen SDM yang efektif dan efisien dalam organisasi. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa SDM perusahaan berkualitas, terampil, dan dapat mendukung strategi bisnis perusahaan.
  3. Pelaksanaan Sertifikasi: Proses sertifikasi akan melibatkan serangkaian tes dan asesmen kompetensi yang akan dievaluasi sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh BNSP. Asesmen ini dilakukan oleh pihak berwenang untuk mengakui keahlian dan kemampuan General Manager SDM dalam manajemen SDM secara menyeluruh.
  4. Kontribusi pada Industri: Dengan meningkatnya standar kompetensi dan kualitas General Manager SDM melalui program sertifikasi ini, diharapkan akan memberikan kontribusi positif pada pengembangan sumber daya manusia di perusahaan-perusahaan di Indonesia. Hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keberlanjutan bisnis secara keseluruhan.
  5. Pentingnya Akreditasi: Sertifikasi Skema General Manager Sumber Daya Manusia (SDM) Sertifikasi BNSP diakui secara resmi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yang memberikan jaminan bahwa proses sertifikasi dilakukan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan diakui secara luas di Indonesia.

Dengan demikian, program sertifikasi ini memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas dan standar kompetensi General Manager SDM, serta berpotensi memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia.

  1. Menilai dan mengakui kompetensi General Manager SDM: Program sertifikasi ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan seorang General Manager SDM dalam memimpin dan mengelola fungsi manajemen SDM secara menyeluruh di sebuah organisasi. Dengan menilai kompetensinya, sertifikasi ini dapat memberikan pengakuan resmi terhadap keahlian dan keterampilan yang dimiliki oleh General Manager SDM.
  2. Memastikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan: Sertifikasi ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa General Manager SDM memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi manajemen SDM yang efektif dan efisien. Hal ini penting untuk memastikan bahwa manajemen SDM di perusahaan sesuai dengan standar terbaik.
  3. Menghadirkan SDM berkualitas dan terampil: Salah satu tujuan utama dari sertifikasi ini adalah untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki General Manager SDM yang mampu memenuhi kebutuhan strategi bisnis dengan menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas, terampil, dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  4. Mendorong pengembangan diri: Sertifikasi ini juga bertujuan untuk mendorong General Manager SDM untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang manajemen SDM. Hal ini dapat dilakukan melalui pembelajaran dan pengembangan profesional secara berkelanjutan.
  5. Meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas: Dengan memberikan pengakuan resmi terhadap kompetensi General Manager SDM melalui sertifikasi, tujuan ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas mereka di industri SDM di Indonesia. Ini juga membantu mengakui keahlian dan kemampuan mereka secara luas dalam bidang manajemen SDM.
  1. Minimum Pendidikan: Peserta harus memiliki setidaknya gelar S2 atau setara dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) atau bidang terkait yang relevan dengan manajemen SDM.
  2. Pengalaman Kerja: Peserta harus memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun sebagai Manajer SDM atau posisi yang setara dengan tanggung jawab manajemen SDM yang signifikan.
  • 2 hari training: Peserta akan mengikuti training intensif selama 2 hari yang mencakup materi-materi yang relevan dengan unit-unit kompetensi yang diuji dalam sertifikasi General Manager SDM.
  • 1 hari ujian BNSP: Setelah menyelesaikan training, peserta akan mengikuti ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Ujian ini akan menilai pemahaman peserta terhadap materi training dan kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari selama training.

Jadi, total durasi keseluruhan dari training dan ujian adalah 3 hari, di mana 2 hari digunakan untuk training intensif dan 1 hari untuk ujian sertifikasi yang diakui oleh BNSP.

  1. Merumuskan Strategi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
  2. Merumuskan Proses Bisnis serta Tugas dan Fungsi dalam Organisasi
  3. Merumuskan Perubahan Strategis Organisasi
  4. Merumuskan Budaya Organisasi
  5. Mengevaluasi Efektivitas Struktur Organisasi
  6. Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif
  7. Mengevaluasi Efektivitas Strategi dan Kebijakan MSDM
  8. Menetapkan Rencana Kegiatan dan Anggaran MSDM
  9. Merancang Desain Organisasi
  10. Mengelola Proses Perubahan (Change Management)
  11. Mengelola Proses Pengembangan Budaya Organisasi
  12. Menyusun Sistem Remunerasi
  13. Menyusun Kelompok Pekerja Bertalenta (Talent Pool)
  14. Merancang Jalur Karir Pekerja
  15. Mengelola Program Suksesi
Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 9-11 Juli 2024
  • 5-7 September 2024
  • 16-18 Oktober 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 9-11 Juli 2024
  • 5-7 September 2024
  • 16-18 Oktober 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top