BMG Institute

Optimizing Companys KPIs With Balance Scorecard

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Developing Performance Appraisal (PA) dan Key Performance Indicator (KPI)

Deskripsi

Program pelatihan “Optimizing Company’s KPI with Balanced Scorecard” bertujuan untuk menciptakan sinergi antara kinerja perusahaan dan karyawan. Program ini mengenalkan sejumlah pendekatan sistematis dalam menyelaraskan dan mewujudkannya.

Para peserta akan dibimbing untuk merumuskan Key Performance Indicator (KPI) menggunakan pendekatan balanced scorecard. Mereka juga akan mempelajari cara merancang dan merumuskan individual scorecard dengan mengacu pada corporate scorecard, sehingga dapat menciptakan sinergi antara kinerja perusahaan dan individu.

  1. Memahami konsep dan prinsip Balanced Scorecard serta pentingnya sinergi antara kinerja perusahaan dan kinerja individu karyawan.
  2. Mengenali kebutuhan dan manfaat implementasi Balanced Scorecard dalam organisasi.
  3. Mengetahui langkah-langkah dalam merumuskan KPI yang efektif dan relevan berdasarkan perspektif Balanced Scorecard.
  4. Mampu merancang dan mengembangkan individual scorecard yang terintegrasi dengan corporate scorecard.
  5. Memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana mengelola dan menyelaraskan kinerja perusahaan dengan kinerja individu secara efisien dan efektif.
  6. Mengembangkan kemampuan untuk menerapkan praktik-praktik terbaik dalam mengoptimalkan formulasi KPI berbasis Balanced Scorecard.
  7. Memahami pentingnya evaluasi dan pemantauan secara berkala terhadap KPI yang telah dirumuskan untuk mendukung perbaikan kinerja secara berkelanjutan.

Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya ditujukan bagi mereka yang sudah familiar dengan Balanced Scorecard dan ingin meningkatkan formulasi KPI, tetapi juga bagi perusahaan yang baru mengenal konsep Balanced Scorecard dan ingin memperbaiki KPI-nya dengan mengadopsi pendekatan ini. Pelatihan ini memberikan pendekatan komprehensif dan praktis dalam membangun sinergi antara kinerja corporate dan karyawan serta mengoptimalkan KPI dengan menggunakan Balanced Scorecard.

Pelatihan Optimizing Company’s KPIs with Balance Scorecard ini ditujukan untuk para General Manager (GM), Manajer, dan Spesialis yang memiliki peran penting dalam pengelolaan kinerja korporat dan kinerja Sumber Daya Manusia (SDM). Peserta idealnya adalah mereka yang memiliki tanggung jawab dalam merancang, mengimplementasikan, dan memantau strategi kinerja perusahaan serta kinerja individu karyawan. Dengan demikian, peserta diharapkan memiliki pengetahuan dan pengalaman terkait manajemen kinerja, evaluasi kinerja, perencanaan strategis, dan implementasi Balanced Scorecard.

  1. Mengenal model Pendekatan Integratif dalam Mengelola Kinerja Perusahaan: Peserta akan memahami konsep dan prinsip pendekatan integratif dalam mengelola kinerja perusahaan, yang meliputi Corporate Scorecard, Division/Department Scorecard, dan Individual Scorecard. Mereka akan belajar bagaimana ketiga elemen ini saling terkait dan penting dalam mencapai tujuan perusahaan secara menyeluruh.
  2. Mendesain Peta Strategi dan Sasaran Kinerja Perusahaan dengan Pendekatan Empat Perspektif Balanced Scorecard: Peserta akan mempelajari bagaimana mendesain peta strategi perusahaan dengan menggunakan pendekatan empat perspektif Balanced Scorecard, yaitu Financial, Customer, Internal Business Process, dan Learning & Growth. Mereka akan memahami pentingnya setiap perspektif ini dalam mencapai kesuksesan jangka panjang perusahaan.
  3. Menurunkan (cascading process) Sasaran Kinerja Perusahaan ke Level Divisi/Departemen: Peserta akan belajar tentang proses penurunan sasaran kinerja perusahaan ke level divisi/departemen, yang dikenal sebagai cascading process. Mereka akan memahami bagaimana mengaitkan sasaran kinerja tingkat perusahaan dengan sasaran kinerja tingkat divisi/departemen untuk memastikan keselarasan dan kesinambungan kinerja.
  4. Mendesain dan Merumuskan Individual Performance Scorecard dengan Mengacu pada Corporate and Division/Department Scorecard: Peserta akan diajarkan cara mendesain dan merumuskan Individual Performance Scorecard dengan mengacu pada Corporate Scorecard dan Division/Department Scorecard. Mereka akan belajar bagaimana mengintegrasikan sasaran kinerja individu dengan sasaran kinerja perusahaan untuk mencapai tujuan bersama.
  5. Memperkenalkan metode untuk Mengidentifikasi Key Performance Indicators dari Beragam Fungsi dalam Perusahaan: Peserta akan diperkenalkan dengan metode identifikasi Key Performance Indicators (KPIs) dari berbagai fungsi dalam perusahaan. Mereka akan belajar bagaimana memilih KPI yang relevan dan bermakna untuk mengukur kinerja secara efektif.
  6. Bagaimana cara mengintegrasikan Sasaran Kinerja Korporat dengan Sasaran Kinerja Individu: Peserta akan mempelajari strategi dan teknik untuk mengintegrasikan sasaran kinerja korporat dengan sasaran kinerja individu. Mereka akan memahami pentingnya keselarasan ini dalam mencapai hasil yang optimal bagi perusahaan.

Dengan intensifnya workshop ini, diharapkan peserta akan dapat mengembangkan sendiri KPI-KPI yang optimal untuk berbagai fungsi di perusahaan, sehingga mampu mendukung pencapaian tujuan strategis dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top