BMG Institute

HR For Non HR Leader

Senior Trainer BMG Institute

HR For Non HR Leader

HR For Non HR Leader

Deskripsi

Pernyataan “Every manager is HR manager – every supervisor is HR supervisor” menggambarkan pentingnya peran setiap atasan dalam pengelolaan sumber daya manusia (HR) di sebuah perusahaan. Meskipun ada divisi HR atau SDM, setiap atasan memiliki tanggung jawab terhadap karyawan yang berada di bawah kepemimpinannya. Dalam keseharian, atasan langsunglah yang paling memahami perilaku dan kinerja karyawannya.

Pengelolaan SDM tidak hanya menjadi tanggung jawab divisi HR, tetapi juga menjadi tanggung jawab setiap supervisor, manajer, dan general manager. Mereka adalah orang-orang yang paling mengenal anggota tim mereka. Pentingnya memahami hal ini adalah untuk menghindari perbedaan persepsi atau ketidakharmonisan hubungan kerja antara manajer lini dan manajer HR.

Setiap pihak seringkali memiliki harapan dan pandangan yang berbeda tentang peran mereka dalam pengelolaan SDM. Contohnya, manajer lini mungkin berpikir bahwa tugas HR adalah menyusun uraian pekerjaan atau job description, sementara manajer HR berpikir bahwa atasan langsung karyawan juga memiliki peran dalam menulis uraian pekerjaan karena mereka lebih memahami apa yang harus dikerjakan oleh karyawan mereka.

Perbedaan pendapat ini dapat dihindari jika manajer lini memiliki pemahaman tentang pentingnya bekerja sama dalam menerapkan sistem HR yang telah disiapkan oleh divisi HR. Hal ini menunjukkan bahwa setiap atasan, meskipun bukan dari divisi HR, perlu memahami prinsip-prinsip dasar pengelolaan SDM untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan efektif.

Pelatihan “HR for non HR Leader” hadir untuk menjawab kebutuhan dalam manajemen modern di mana tanggung jawab mengelola manusia tidak hanya terletak pada Bagian HR, tetapi juga menjadi tanggung jawab setiap bagian dalam organisasi. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada supervisor atau manajer lini tentang berbagai aktivitas dalam manajemen SDM yang membutuhkan peran dan keterlibatan mereka.

Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pembekalan mengenai berbagai aktivitas HR seperti merekrut, mengembangkan karyawan melalui coaching dan training, melakukan appraisal, serta menghadapi permasalahan karyawan. Semua proses tersebut melibatkan peran penting dari atasan pada masing-masing unit atau departemen.

Peserta pelatihan akan dipersiapkan untuk mengelola sumber daya manusia di bawah kepemimpinan mereka dengan lebih baik. Hal ini penting karena manajemen yang efektif terhadap SDM dapat menentukan keberhasilan organisasi secara keseluruhan. Dengan memahami peran mereka dalam pengelolaan SDM, supervisor dan manajer lini dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pencapaian tujuan organisasi serta menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.

  1. Memahami Peran Atasan Langsung: Pelatihan bertujuan untuk membantu supervisor dan manajer lini memahami peran mereka sebagai atasan langsung yang bertanggung jawab terhadap perilaku, pengembangan, dan kinerja karyawan di bawah kepemimpinan mereka. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang tanggung jawab ini, mereka dapat memberikan bimbingan, coaching, dan pengembangan yang lebih efektif kepada tim mereka.
  2. Pembagian Tugas dengan HR Manager: Peserta pelatihan akan memahami pentingnya pembagian tugas antara atasan langsung dan HR manager atau supervisor terkait dengan pengelolaan sumber daya manusia. Hal ini mencakup proses seperti rekrutmen, pengembangan karyawan, penilaian kinerja, dan manajemen konflik. Dengan memahami pembagian tugas ini, mereka dapat bekerja sama dengan HR dalam mencapai tujuan organisasi terkait SDM.
  3. Membangun Budaya Menghargai Peran: Pelatihan bertujuan untuk menciptakan budaya di mana setiap anggota tim, termasuk atasan langsung dan HR, saling menghargai peran dan fungsinya dalam mendukung peningkatan kinerja perusahaan. Hal ini akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih harmonis dan kolaboratif.
  4. Membantu Top Manajemen: Dengan memahami peran mereka yang lebih baik dan membangun kerja sama yang baik dengan HR, atasan langsung dapat membantu top manajemen lebih fokus pada pengelolaan strategi bisnis perusahaan. Hal ini akan membantu perusahaan mencapai tujuan-tujuan strategisnya dengan lebih efisien dan efektif.
  1. Perubahan Lingkungan Bisnis dan Tuntutan SDM
    • Dampak perubahan lingkungan bisnis terhadap tuntutan SDM
    • Peran Supervisor / Manajer Lini dalam pengelolaan SDM
  2. Perencanaan Tenaga Kerja (SDM)
    • Pengertian dan proses perencanaan tenaga kerja
    • Peran Supervisor / Manajer Lini dalam perencanaan SDM
    • Keterkaitan perencanaan SDM dengan uraian pekerjaan
    • Manfaat uraian pekerjaan bagi Manajer Lini
    • Peran Manajer Lini dalam penyusunan uraian pekerjaan
  3. Rekrutmen, Seleksi, dan Promosi Dari Dalam
    • Pengertian Rekrutmen dan Seleksi
    • Peran atasan langsung dalam rekrutmen dan seleksi
    • Promosi dari dalam: memenuhi kebutuhan SDM melalui promosi karyawan
  4. Pelatihan & Pengembangan Karyawan
    • Model proses pelatihan
    • Berbagai metode pelatihan dan pengembangan
    • Peran Manajer Lini dalam sistem pelatihan dan pengembangan karyawan
  5. Manajemen Kinerja dan Kompensasi
    • Siklus Manajemen Kinerja
    • Prinsip-prinsip penilaian kinerja
    • Peran Manajer Lini dalam sistem penilaian kinerja
    • Prinsip-prinsip kompensasi
  6. Hubungan Industrial
    • Prinsip-prinsip dasar dalam Hubungan Industrial
    • Peran Manajer Lini dalam mengelola hubungan industrial
    • Menghindari potensi konflik hubungan industrial

Materi-materi tersebut akan membantu supervisor dan manajer lini memahami dan melaksanakan tugas-tugas terkait SDM dengan lebih efektif dan efisien dalam konteks perubahan lingkungan bisnis yang dinamis.

Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 6-7 September 2024
  • 12-13 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 6-7 September 2024
  • 12-13 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top