BMG Institute

Training PDCA (Plan-Do-Check-Action)

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Constructing Business Plan And Feasibility Study

Deskripsi

Pelatihan PDCA (Rencana-Lakukan-Periksa-Aksi) sangat penting karena memungkinkan perusahaan untuk mengadopsi pendekatan sistematis dan terstruktur dalam meningkatkan kualitas, efisiensi operasional, dan layanan yang cepat. Berikut beberapa alasan mengapa pelatihan PDCA penting:

  1. Perbaikan Berkelanjutan: PDCA memungkinkan perbaikan berkelanjutan dengan siklus berulang dari perencanaan, pelaksanaan, pemeriksaan, dan tindakan yang diambil untuk memperbaiki proses atau produk.
  2. Peningkatan Kesadaran dan Kemampuan: Melalui pelatihan PDCA, karyawan dapat meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya perbaikan terus-menerus dan mengembangkan kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan memperbaiki masalah yang ada.
  3. Kaizen (Perbaikan Terus-menerus): PDCA adalah landasan bagi prinsip Kaizen, yaitu filosofi perbaikan terus-menerus yang melibatkan semua orang dalam organisasi untuk mencari cara-cara lebih baik dalam melakukan pekerjaan mereka.
  4. Produk Berkualitas Tinggi: Dengan menerapkan PDCA, perusahaan dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan yang mereka tawarkan kepada pelanggan.
  5. Efisiensi Operasional: Pendekatan PDCA membantu perusahaan mengidentifikasi area-area yang memerlukan peningkatan efisiensi, sehingga dapat mengurangi pemborosan dan meningkatkan produktivitas.
  6. Kecepatan Layanan: Dengan proses yang lebih efisien dan perbaikan berkelanjutan, perusahaan dapat memberikan layanan yang lebih cepat dan responsif kepada pelanggan.

Dengan demikian, pelatihan PDCA menjadi kunci dalam membantu perusahaan mencapai keberhasilan jangka panjang dengan mempertahankan keuntungan, pertumbuhan, dan reputasi yang baik di pasar.

  1. Memperkuat Pemahaman tentang PDCA: Peserta akan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang konsep PDCA dan bagaimana menerapkannya secara efektif dalam manajemen perusahaan.
  2. Mengembangkan Keterampilan Perencanaan: Peserta akan dilatih untuk melakukan perencanaan perusahaan yang baik berdasarkan prinsip-prinsip PDCA, termasuk identifikasi masalah, penetapan tujuan, dan perencanaan tindakan yang tepat.
  3. Meningkatkan Efektivitas dalam Pelaksanaan: Peserta akan mampu mendukung dan melaksanakan siklus PDCA secara konsisten dan efektif, mulai dari implementasi rencana hingga evaluasi hasil.
  4. Memperbaiki Proses dan Kualitas: Dengan menguasai PDCA, peserta dapat membantu perusahaan untuk terus melakukan perbaikan proses dan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan.
  5. Meningkatkan Responsivitas dan Adaptabilitas: PDCA membantu peserta dan perusahaan untuk menjadi lebih responsif terhadap perubahan, serta lebih adaptif dalam menghadapi tantangan dan kesempatan baru.
  6. Mencapai Tujuan Perusahaan: Dengan menerapkan PDCA secara efektif, peserta dapat membantu perusahaan mencapai tujuan strategisnya, termasuk pertumbuhan bisnis, keuntungan yang berkelanjutan, dan keunggulan kompetitif.
  1. Manajer Operasional: Para manajer operasional bertanggung jawab langsung terhadap pelaksanaan kegiatan operasional sehari-hari dalam perusahaan. Mereka dapat memanfaatkan pelatihan PDCA untuk meningkatkan efisiensi, kualitas, dan responsivitas operasional perusahaan.
  2. Pengawas: Pengawas atau supervisor memiliki peran penting dalam memastikan bahwa proses-proses di bawah pengawasan mereka berjalan dengan lancar dan efektif. Pelatihan PDCA akan membantu mereka memahami bagaimana mengelola dan meningkatkan kinerja tim serta proses kerja di unit mereka.
  3. Pemilik Bisnis: Pemilik bisnis atau entrepreneur dapat memperoleh manfaat besar dari pelatihan PDCA karena mereka memiliki tanggung jawab besar dalam mengelola dan mengembangkan bisnis mereka. Dengan memahami dan menerapkan PDCA, mereka dapat meningkatkan strategi perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengembangan bisnis secara keseluruhan.

Metode pelatihan PDCA yang bersifat Private Coaching memiliki beberapa karakteristik penting:

  1. Interaktif dan Padat: Pelatihan akan dirancang untuk menjadi interaktif, memungkinkan peserta untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Materi yang disampaikan juga akan disusun secara padat untuk memastikan peserta mendapatkan pemahaman yang mendalam.
  2. Studi Kasus dan Contoh: Materi akan disertai dengan studi kasus dan contoh konkret yang relevan dengan konteks bisnis peserta. Hal ini akan membantu peserta untuk memahami konsep PDCA secara praktis dan dapat diterapkan langsung di tempat kerja.
  3. Pemanfaatan Media: Video dan media lainnya akan digunakan untuk memperkuat pemahaman peserta terhadap materi pelatihan. Media ini juga dapat memberikan ilustrasi visual yang membantu peserta memahami konsep dengan lebih baik.
  4. Fasilitas Tanya Jawab dan Diskusi: Setelah sesi pelatihan selesai, peserta akan tetap mendapatkan fasilitas untuk bertanya jawab dan berdiskusi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa peserta dapat mengklarifikasi pemahaman mereka dan menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke dalam konteks pekerjaan mereka.

Dengan menggunakan metode Private Coaching, pelatihan PDCA dapat memberikan pengalaman yang intensif dan mendalam bagi peserta, serta memastikan bahwa mereka mendapatkan pemahaman yang kuat dan dapat diterapkan secara efektif di lingkungan kerja mereka.

Sesi 1:

  • Pengantar: Perbedaan antara Pendekatan One Man Show dan Pendekatan Sistemik (PDCA)
  • Prinsip PIECES dalam Sistem Manajemen (PDCA)
  • Studi Kasus: Sistem Manajemen ASTRA sebagai Model Keberhasilan (PDCA)
  • Pilar-pilar Sistem Manajemen yang Efektif (PDCA)

Sesi 2:

  • Langkah 1: Manajemen Strategi – Pemilihan Strategi Bersaing (PDCA)
  • Langkah 2: Mentalitas Dasar dalam PDCA – Fokus pada Pelanggan, Fakta, Tim, dan Keunggulan (PDCA)

Sesi 3:

  • Langkah 3: Pemanfaatan Alat – Dari Proses Pemikiran hingga Pemantapan Proses (PDCA)
  • Langkah 4: Pendukung Implementasi – Strategi Implementasi dalam PDCA (PDCA)

Sesi 4:

  • Studi Kasus: Contoh Kasus yang Menarik dan Dapat Diaplikasikan dalam Konteks PDCA (PDCA)

Catatan: Setiap sesi akan mencakup diskusi, contoh kasus, dan interaksi aktif antara peserta dan fasilitator pelatihan untuk memastikan pemahaman yang mendalam dan aplikasi yang efektif dari konsep PDCA.

Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 10-11 Juni 2024
  • 2-3 Juli 2024
  • 10-11 September 2024
  • 21-22 Oktober 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 10-11 Juni 2024
  • 2-3 Juli 2024
  • 10-11 September 2024
  • 21-22 Oktober 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top