BMG Institute

Program Sertifikasi BNSP : Manajer Pengembangan Organisasi

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Manajer Pengembangan Organisasi Matrik Manajemen Sistem

Deskripsi

Skema Manajer Pengembangan Organisasi Sertifikasi BNSP adalah inisiatif yang sangat penting dalam memastikan bahwa praktisi di bidang pengembangan organisasi memiliki kualifikasi dan kompetensi yang sesuai dengan standar yang diakui secara nasional. Ini membantu meningkatkan profesionalisme dan kredibilitas dalam mengelola pengembangan organisasi di perusahaan.

Adapun beberapa unit kompetensi yang dapat menjadi fokus dalam sertifikasi ini meliputi:

  1. Merencanakan dan Menyusun Program Pengembangan Organisasi: Memahami kebutuhan organisasi, merencanakan program pengembangan yang sesuai, dan menyusun rencana tindak untuk mencapai tujuan pengembangan organisasi.
  2. Melaksanakan Program Pengembangan Organisasi: Mengelola proses pelaksanaan program pengembangan organisasi, termasuk mengkoordinasikan berbagai kegiatan dan memastikan keberhasilan implementasi.
  3. Evaluasi dan Perbaikan Program Pengembangan Organisasi: Melakukan evaluasi terhadap program yang telah diimplementasikan, mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, dan merancang strategi perbaikan yang efektif.
  4. Keterampilan Manajerial dan Kepemimpinan: Menguasai keterampilan manajerial dan kepemimpinan yang diperlukan untuk mengelola tim pengembangan organisasi, berkomunikasi efektif, dan mengambil keputusan strategis.

Dengan sertifikasi ini, diharapkan Manajer Pengembangan Organisasi dapat lebih percaya diri dan kompeten dalam menjalankan tugasnya, sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mencapai tujuan dan visi perusahaan.

  1. Menjamin kompetensi dan kualitas kerja Manajer Pengembangan Organisasi sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh BNSP: Dengan menetapkan standar kompetensi yang jelas, sertifikasi ini memastikan bahwa Manajer Pengembangan Organisasi memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan industri.
  2. Memberikan pengakuan terhadap keahlian dan kemampuan Manajer Pengembangan Organisasi yang telah disertifikasi oleh BNSP: Sertifikasi ini memberikan validasi atas kemampuan dan keahlian Manajer Pengembangan Organisasi, sehingga dapat diakui secara resmi di pasar kerja dan industri.
  3. Meningkatkan daya saing Manajer Pengembangan Organisasi dalam pasar kerja dan industri: Dengan memiliki sertifikasi yang diakui, Manajer Pengembangan Organisasi dapat meningkatkan daya saingnya di pasar kerja yang kompetitif.
  4. Meningkatkan kualitas pengembangan organisasi di perusahaan melalui peningkatan kompetensi Manajer Pengembangan Organisasi: Sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Manajer Pengembangan Organisasi dalam merencanakan, mengembangkan, dan mengelola program pengembangan organisasi yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  5. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja Manajer Pengembangan Organisasi dalam mengelola pengembangan organisasi: Dengan memiliki kualifikasi yang terstandarisasi, Manajer Pengembangan Organisasi dapat bekerja lebih efektif dan efisien dalam mengelola berbagai aspek pengembangan organisasi.
  6. Meningkatkan kepercayaan dan keamanan perusahaan terhadap kinerja Manajer Pengembangan Organisasi dalam mengelola pengembangan organisasi: Sertifikasi ini membantu membangun kepercayaan perusahaan terhadap kemampuan Manajer Pengembangan Organisasi dalam mengelola dan mengembangkan organisasi secara efektif.
  1. Minimum Pendidikan setara S1 Manajemen.
  2. Memiliki pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun di bidang SDM.
  • 2 hari training.
  • 1 hari ujian BNSP.
  1. Menyusun Uraian Jabatan: Kemampuan untuk membuat deskripsi jabatan yang jelas dan komprehensif untuk memahami tugas, tanggung jawab, dan kualifikasi yang diperlukan.
  2. Melaksanakan Analisis Beban Kerja: Kemampuan untuk menganalisis beban kerja karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka.
  3. Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) MSDM: Kemampuan untuk membuat SOP yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia untuk memastikan konsistensi dan kejelasan dalam proses operasional.
  4. Menyusun Grading Jabatan: Kemampuan untuk mengelompokkan atau mengklasifikasikan jabatan berdasarkan tingkat tanggung jawab dan kualifikasi yang diperlukan.
  5. Mengelola Proses Perumusan Indikator Kinerja Individu: Kemampuan untuk merumuskan indikator kinerja yang dapat diukur untuk mengevaluasi kinerja individu dalam organisasi.
  6. Menyusun Kebutuhan Pembelajaran dan Pengembangan: Kemampuan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawan untuk meningkatkan kinerja dan kompetensi mereka.
  7. Merumuskan Strategi dan Kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM): Kemampuan untuk merancang strategi dan kebijakan terkait manajemen sumber daya manusia sesuai dengan tujuan organisasi.
  8. Merumuskan Proses Bisnis serta Tugas dan Fungsi dalam Organisasi: Kemampuan untuk menggambarkan proses bisnis organisasi serta tugas dan fungsi yang diperlukan untuk menjalankan proses tersebut.
  9. Merumuskan Perubahan Strategis Organisasi: Kemampuan untuk merancang dan mengimplementasikan perubahan strategis dalam organisasi untuk mencapai tujuan jangka panjang.
  10. Merumuskan Budaya Organisasi: Kemampuan untuk merancang dan mempromosikan budaya organisasi yang mendukung nilai-nilai, norma, dan perilaku yang diinginkan.
  11. Mengelola Proses Perubahan (Change Management): Kemampuan untuk mengelola dan mendukung proses perubahan dalam organisasi secara efektif.
  12. Mengelola Proses Pemberian Umpan Balik Kinerja Individu: Kemampuan untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan efektif terhadap kinerja individu dalam organisasi.
  13. Merancang Model dan Kamus Kompetensi: Kemampuan untuk merancang model kompetensi yang jelas dan kamus kompetensi yang dapat digunakan sebagai acuan dalam pengelolaan SDM.
  14. Membangun Komunikasi Organisasi yang Efektif: Kemampuan untuk membangun saluran komunikasi yang efektif dalam organisasi untuk meningkatkan kolaborasi dan kinerja.
  15. Memfasilitasi Pengelolaan Kepuasan dan Keterlekatan Pekerja: Kemampuan untuk memfasilitasi pengelolaan kepuasan dan keterlekatan pekerja agar dapat mempertahankan dan mengembangkan karyawan yang berkinerja tinggi.
Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 12-14 Juni 2024
  • 19-21 Agustus 2024
  • 14-16 Oktober 2024
  • 16-18 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 12-14 Juni 2024
  • 19-21 Agustus 2024
  • 14-16 Oktober 2024
  • 16-18 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top