BMG Institute

Professional Human Resources Management 

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

HR for Line Manager

Deskripsi

Program PHRM (People Management for HR and Line Managers) ini dirancang untuk membantu manajer SDM dan teknis di perusahaan meningkatkan pemahaman mereka tentang pentingnya sumber daya manusia, menciptakan sikap positif terhadap kegiatan HR, dan menunjukkan cara berkontribusi aktif pada kegiatan sumber daya manusia di perusahaan. Program ini juga bertujuan untuk membantu manajer memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan peran baru sebagai “manajer sumber daya manusia” untuk bawahan mereka.

Materi dalam Program PHRM meliputi berbagai fungsi HR, seperti perencanaan sumber daya manusia (pengembangan organisasi, manajemen pekerjaan & perencanaan tenaga kerja), perekrutan & penempatan, pengembangan sumber daya manusia (pengembangan individu, pelatihan, manajemen kinerja, berbasis kompetensi, manajemen karir), pemeliharaan sumber daya manusia (kompensasi & manfaat), serta retensi sumber daya manusia (manajemen bakat dan perencanaan suksesi). Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan keterampilan yang komprehensif dalam manajemen sumber daya manusia kepada peserta.

  1. Memahami apa itu SDM (Sumber Daya Manusia) dan mengapa penting bagi departemen mereka: Peserta diharapkan memahami konsep dasar SDM dan mengenali pentingnya SDM dalam mendukung keberhasilan departemen dan perusahaan secara keseluruhan.
  2. Menjadi lebih mendukung dan aktif dalam kegiatan HR di perusahaan: Peserta diharapkan meningkatkan dukungan dan partisipasi aktif mereka dalam kegiatan HR, termasuk proses rekrutmen, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, dan kebijakan-kebijakan SDM lainnya.
  3. Memahami mengapa umpan balik yang jujur dan terbuka merupakan dasar untuk pengembangan sistem penilaian kinerja yang baik: Peserta diharapkan memahami pentingnya umpan balik yang jujur dan terbuka dalam pengembangan sistem penilaian kinerja yang efektif dan adil.
  4. Lebih siap dalam hal keterampilan dan pengetahuan untuk menerapkan peran mereka sebagai “manajer HR untuk bawahan”: Peserta diharapkan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan peran baru sebagai manajer SDM untuk bawahan mereka, termasuk dalam mengelola tim, mengatasi masalah SDM, dan mengembangkan karyawan.
  5. Dapat mengembangkan profil pekerjaan untuk posisi yang mereka awasi: Peserta diharapkan dapat mengembangkan profil pekerjaan yang jelas dan relevan untuk posisi-posisi di bawah pengawasan mereka, sehingga dapat mendukung pelatihan, pengembangan, dan rekrutmen karyawan dengan lebih efektif.
  6. Memahami pentingnya perubahan dan komunikasi terbuka: Peserta diharapkan memahami pentingnya perubahan dan komunikasi terbuka antara departemen, manajer lini, dan profesional HR dalam mendukung proses pengembangan SDM, peningkatan kinerja, dan keberhasilan perusahaan secara keseluruhan.

Metode pelatihan untuk program People Management for HR and Line Managers (PHRM) mencakup beragam pendekatan yang dirancang untuk memaksimalkan pemahaman dan penerapan materi yang diajarkan. Berikut adalah beberapa metode pelatihan yang akan digunakan:

  1. Presentasi Konsep dan Framework: Instruktur akan menyampaikan konsep-konsep dasar dan kerangka kerja HR yang relevan dengan sesi pelatihan melalui presentasi. Ini akan membantu peserta memahami landasan teoritis dari topik yang dibahas.
  2. Studi Kasus: Peserta akan diberikan studi kasus yang berhubungan dengan topik pelatihan untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari ke dalam situasi nyata di perusahaan.
  3. Role Play: Melalui permainan peran, peserta akan memiliki kesempatan untuk berlatih dalam situasi simulasi yang meniru situasi di lingkungan kerja sehari-hari. Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan interpersonal dan manajerial.
  4. Sharing Pengalaman: Peserta akan diminta untuk berbagi pengalaman mereka terkait dengan topik yang dibahas. Ini memungkinkan pertukaran pengetahuan dan perspektif antar peserta yang dapat memperkaya pembelajaran.
  5. Presentasi Kelompok: Peserta akan diberi kesempatan untuk bekerja dalam kelompok untuk menyusun presentasi tentang topik tertentu yang kemudian akan dipresentasikan di depan kelas. Ini membantu dalam pengembangan keterampilan komunikasi dan pemecahan masalah.
  6. Uji Kompetensi: Ada juga uji kompetensi untuk mengukur pemahaman dan penerapan peserta terhadap materi pelatihan. Ini membantu mengevaluasi efektivitas pelatihan dan identifikasi area-area yang perlu diperbaiki.

Sesi 1: Pengembangan Perencanaan Strategis Perusahaan yang Harus Selaras dengan Perencanaan SDM.

  • Pengenalan konsep perencanaan strategis perusahaan.
  • Hubungan antara perencanaan strategis perusahaan dan perencanaan SDM.
  • Kerangka Kerja SDM.

Sesi 2: Pengembangan Organisasi.

  • Pengertian dan pentingnya pengembangan organisasi.
  • Desain dan implementasi pengembangan organisasi.
  • Manajemen Pekerjaan (Deskripsi Pekerjaan, Evaluasi Pekerjaan hingga Desain Grading Pekerjaan).

Sesi 3: Perencanaan Tenaga Kerja Strategis.

  • Konsep perencanaan tenaga kerja strategis.
  • Proses perencanaan tenaga kerja strategis.
  • Pendekatan dan alat-alat dalam perencanaan tenaga kerja strategis.

Sesi 4: Pemerolehan SDM – Rekrutmen & Penempatan.

  • Strategi, pendekatan, dan alat-alat dalam rekrutmen dan penempatan.
  • Pengembangan Sumber Daya Manusia, Konsep Pengembangan SDM.
  • Manajemen SDM Berbasis Kompetensi (desain dan implementasi).

Sesi 5: Sistem Manajemen Kinerja Strategis.

  • Konsep sistem manajemen kinerja strategis.
  • Pengelolaan karir.

Sesi 6: Manajemen Pembelajaran & Pengembangan.

  • Konsep dan pentingnya manajemen pembelajaran dan pengembangan.
  • Manajemen Pengetahuan.

Sesi 7: Manajemen Remunerasi.

  • Desain dan implementasi manajemen remunerasi.
  • Desain Struktur Gaji.

Sesi 8: Manajemen Bakat dan Perencanaan Suksesi.

  • Konsep manajemen bakat.
  • Perencanaan suksesi.

Setiap sesi akan mencakup penjelasan konsep, strategi, pendekatan, dan alat-alat yang digunakan dalam masing-masing fungsi SDM. Peserta akan diberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana mengintegrasikan fungsi-fungsi SDM ini dengan strategi perusahaan dan bagaimana manajer lini dapat berkontribusi secara aktif dalam kegiatan SDM di perusahaan.

Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 5-6 Agustus 2024
  • 16-17 Oktober 2024
  • 4-5 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 5-6 Agustus 2024
  • 16-17 Oktober 2024
  • 4-5 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top