BMG Institute

People Skill For HR Personnel

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Comprehensive HRIS (Human Resources Information System)

Deskripsi

Pengembangan kompetensi people skill untuk para personil di Bagian HR memang menjadi kebutuhan yang penting dan mendesak. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki dan mengembangkan kemampuan interpersonal karyawan di bagian HRD:

  1. Pelatihan dan Workshop: Selenggarakan pelatihan dan workshop yang fokus pada pengembangan ketrampilan komunikasi, negosiasi, manajemen konflik, kepemimpinan, dan keterampilan interpersonal lainnya yang diperlukan untuk HR personnel. Pastikan pelatihan diselenggarakan secara berkala dan melibatkan instruktur yang ahli di bidangnya.
  2. Pengembangan Soft Skills: Berikan perhatian khusus pada pengembangan soft skills seperti empati, kecerdasan emosional, kemampuan mendengarkan aktif, dan penyelesaian masalah secara kolaboratif. Ini penting untuk memperkuat kemampuan HR personnel dalam berinteraksi dengan beragam individu dan mengelola situasi-situasi yang kompleks.
  3. Coaching dan Mentoring: Implementasikan program coaching dan mentoring untuk para personil HRD. Ini akan membantu mereka mendapatkan bimbingan dan arahan yang lebih pribadi dalam mengembangkan ketrampilan interpersonal mereka.
  4. Penggunaan Simulasi dan Role Play: Gunakan metode simulasi dan role play dalam pelatihan untuk memberikan pengalaman langsung dalam menghadapi situasi-situasi yang biasa dihadapi oleh HR personnel, seperti menangani konflik, memberikan umpan balik, dan berkomunikasi secara efektif.
  5. Feedback dan Evaluasi Rutin: Lakukan evaluasi secara rutin terhadap kemampuan interpersonal para personil HRD. Berikan feedback yang konstruktif dan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut.
  6. Kolaborasi dengan Profesional Eksternal: Jika diperlukan, libatkan profesional eksternal seperti psikolog atau konsultan HR untuk memberikan pandangan dan saran yang objektif terkait pengembangan people skill di bagian HRD.

Dengan mengimplementasikan langkah-langkah tersebut secara konsisten dan terencana, diharapkan kemampuan interpersonal para personil HRD dapat ditingkatkan secara signifikan, sehingga mereka dapat lebih efektif dalam menjalankan tugas-tugas mereka dan memperkuat hubungan dengan seluruh anggota organisasi.

  1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Interpersonal: Peserta akan mampu berkomunikasi secara efektif dengan beragam pihak di dalam dan di luar organisasi, termasuk atasan, rekan kerja, dan karyawan.
  2. Pengembangan Komunikasi Asertif: Memampukan peserta untuk menggunakan komunikasi asertif dalam berinteraksi, yaitu mampu mengungkapkan pendapat, keinginan, dan perasaan dengan jelas dan tegas tanpa merugikan hubungan interpersonal.
  3. Keterampilan Bernegosiasi: Peserta akan dapat mengembangkan keterampilan bernegosiasi yang efektif untuk menyelesaikan konflik dan mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi semua pihak.
  4. Peningkatan Service Excellency: Memahamkan peserta tentang pentingnya pelayanan yang prima dalam konteks HRM, baik kepada karyawan maupun pihak eksternal, untuk membangun citra positif perusahaan.
  5. Kemampuan Menangani Complaint: Peserta akan dilatih untuk mengelola keluhan (complaint) dari karyawan atau pihak lain secara profesional, adil, dan solutif.
  6. Mengelola Orang “Sulit”: Memperoleh keterampilan dan strategi dalam menangani individu yang memiliki perilaku atau sikap sulit, termasuk dalam situasi seperti konflik atau ketidakpuasan.
  7. Menyampaikan Sanksi Kedisiplinan: Memampukan peserta untuk menyampaikan sanksi kedisiplinan mulai dari teguran hingga sanksi PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dengan tepat, adil, dan berdasarkan prosedur yang berlaku.
  8. Keterampilan Presentasi: Mengembangkan kemampuan peserta dalam menyampaikan informasi secara jelas, persuasif, dan menarik dalam situasi presentasi di depan publik atau internal perusahaan.
  9. Teknik Coaching dan Counseling: Meningkatkan pemahaman peserta tentang teknik coaching (pembinaan) dan counseling (konseling) sebagai bagian dari fungsi HRM dalam membantu pengembangan dan kesejahteraan karyawan.

Dengan mencapai tujuan-tujuan tersebut, diharapkan peserta pelatihan PSHRP akan menjadi lebih kompeten dan efektif dalam menjalankan fungsi-fungsi HRM yang bersifat interpersonal dan menghasilkan manfaat positif bagi organisasi secara keseluruhan.

  1. Experiential Learning (Pembelajaran Berbasis Pengalaman): Peserta akan belajar melalui pengalaman langsung, seperti studi kasus, simulasi, atau latihan praktis yang mendekati situasi nyata yang mereka hadapi di tempat kerja.
  2. Role Play (Peran): Peserta akan diberi peran untuk memainkan situasi tertentu, seperti berkomunikasi dengan karyawan yang memiliki keluhan atau menjalankan proses disiplin, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan berinteraksi dalam situasi tersebut.
  3. Game (Permainan): Penggunaan permainan atau aktivitas bermain yang terkait dengan topik pelatihan untuk mengajarkan konsep-konsep dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
  4. Diskusi: Sesuai dengan prinsip andragogi, diskusi aktif dan terarah antara peserta dan fasilitator akan digunakan untuk mendiskusikan konsep-konsep, berbagi pengalaman, dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan keterampilan interpersonal HR.

Kombinasi dari metode-metode ini akan menciptakan lingkungan pelatihan yang berfokus pada pengalaman langsung, interaksi aktif, serta pembelajaran yang berbasis tindakan dan refleksi. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang efektif dan praktis bagi para peserta PSHRP.

Day 1:

  • 08:00 – 09:00 : Registrasi dan Sambutan
  • 09:00 – 10:00 : Ice Breaking dan Penjelasan Kontrak Sesi
  • 10:00 – 10:15 : Istirahat dan Kopi
  • 10:15 – 12:00 : Keterampilan Dasar Komunikasi Interpersonal yang Efektif
  • 12:00 – 13:00 : Istirahat Makan Siang
  • 13:00 – 14:00 : Komunikasi Asertif
  • 14:00 – 15:00 : Komunikasi Efektif untuk Negosiasi
  • 15:00 – 15:20 : Istirahat dan Kopi
  • 15:20 – 17:00 : Pelayanan Pelanggan yang Unggul & Penanganan Keluhan

Day 2:

  • 08:00 – 10:00 : Pembinaan dan Konseling (Coaching & Counseling)
  • 10:00 – 10:15 : Istirahat dan Kopi
  • 10:15 – 12:00 : Pelaksanaan Tindakan Disiplin: Menyusun Berita Acara Pemeriksaan, Memberikan Teguran, Surat Peringatan, Pemutusan Hubungan Kerja
  • 12:00 – 13:00 : Istirahat Makan Siang
  • 13:00 – 15:00 : Presentasi yang Efektif
  • 15:00 – 15:20 : Istirahat dan Kopi
  • 15:20 – 16:30 : Cara Menginstruksikan dalam Pelatihan Internal
  • 16:30 – 17:00 : Umpan Balik Pelatihan dan Penutup

Rundown ini mencakup berbagai topik dan kegiatan yang relevan dengan pengembangan people skill khusus untuk personil HR. Dengan jadwal yang terstruktur seperti ini, diharapkan peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk menjalankan tugas-tugas HR dengan lebih efektif dan profesional.

Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 12-13 Juni 2024
  • 22-23 Agustus 2024
  • 9-10 Oktober 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 12-13 Juni 2024
  • 22-23 Agustus 2024
  • 9-10 Oktober 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top