BMG Institute

Manpower Planning And Workload

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Manpower Planning And Workload

Deskripsi

Pelatihan Manpower Planning dan Pengukuran Beban Kerja dirancang khusus untuk membantu perusahaan dalam mengelola tenaga kerja mereka secara efektif dan efisien. Pelatihan ini akan membahas konsep-konsep dasar Manpower Planning serta teknik-teknik pengukuran beban kerja yang akurat. Peserta pelatihan akan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang bagaimana mengoptimalkan kinerja tenaga kerja dengan memperhatikan berbagai faktor seperti kemampuan, keterampilan, dan beban kerja yang sesuai.

  1. Memahami dan mengidentifikasi rangkaian aktivitas kerja yang diperlukan untuk menghasilkan output yang diinginkan.
  2. Mampu memecah rangkaian aktivitas menjadi tugas-tugas yang lebih spesifik dan detail.
  3. Menghitung jumlah waktu total yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas secara individu atau dalam kelompok.
  4. Memperkirakan jumlah pekerja yang diperlukan untuk menyelesaikan keseluruhan rangkaian aktivitas dengan mempertimbangkan waktu yang dibutuhkan.
  5. Menggunakan hasil analisis Manpower Planning dan pengukuran beban kerja untuk mengoptimalkan produktivitas tenaga kerja dan meminimalkan beban kerja yang mengganggu.
  6. Menerapkan konsep Manpower Planning dan Workload dalam konteks perencanaan tenaga kerja secara strategis di perusahaan.

Dengan mencapai tujuan-tujuan tersebut, peserta diharapkan dapat mengelola tenaga kerja dengan lebih efektif dan efisien, memastikan bahwa setiap tugas diselesaikan dengan tepat waktu dan sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan oleh perusahaan.

Peserta yang disarankan mengikuti Manpower Planning And Workload adalah sebagai berikut:

  1. Direktur/Manajer: Mereka bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis terkait perencanaan tenaga kerja dan beban kerja di perusahaan. Kehadiran mereka penting untuk memastikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep dan strategi yang akan diajarkan dalam pelatihan.
  2. Supervisor: Supervisor berperan langsung dalam mengelola tim kerja dan memastikan bahwa beban kerja dan produktivitasnya optimal. Kehadiran mereka membantu dalam menerjemahkan konsep-konsep yang dipelajari ke dalam praktik sehari-hari di tingkat operasional.
  3. Marketing/Staf Operasional: Bagian marketing dan staf operasional perlu memahami konsep Manpower Planning And Workload karena mereka akan terlibat dalam pelaksanaan aktivitas operasional yang membutuhkan penyesuaian beban kerja yang tepat.
  4. HRD/Personalia: Bagian HRD/Personalia bertanggung jawab atas manajemen sumber daya manusia, termasuk perencanaan tenaga kerja. Kehadiran mereka penting untuk memastikan bahwa kebijakan dan strategi perencanaan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan organisasi dan konsisten dengan kebijakan SDM yang ada.

Peserta diwajibkan membawa Laptop/Notebook agar dapat mengikuti aktivitas pelatihan dengan lebih interaktif dan praktis. Dengan menggunakan laptop/notebook, peserta dapat langsung menerapkan konsep-konsep yang dipelajari dalam simulasi atau latihan kasus yang diberikan selama pelatihan. Hal ini juga membantu memfasilitasi pembelajaran yang lebih efektif dan terintegrasi dengan teknologi informasi.

  1. Presentasi: Fasilitator akan menyampaikan materi melalui presentasi yang jelas dan terstruktur. Peserta akan mendapatkan pemahaman tentang konsep-konsep dasar, teknik perhitungan, dan strategi dalam Manpower Planning And Workload.
  2. Diskusi: Peserta akan diajak untuk berdiskusi interaktif mengenai topik-topik yang telah disampaikan dalam presentasi. Diskusi ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman peserta, bertukar pengalaman, dan menyelesaikan pertanyaan yang muncul.
  3. Latihan Soal/Kasus: Peserta akan diberikan latihan soal atau kasus nyata terkait Manpower Planning And Workload. Melalui latihan ini, peserta dapat mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam situasi praktis dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam.
  4. DISC Profiling: Metode DISC Profiling akan digunakan untuk membantu peserta memahami karakteristik tenaga kerja, kepribadian, dan preferensi kerja. Hal ini akan membantu dalam penyesuaian beban kerja dan perencanaan tenaga kerja yang efektif.
  5. Simulasi: Peserta akan mengikuti sesi simulasi di mana mereka akan diberikan situasi atau skenario tertentu terkait Manpower Planning And Workload. Melalui simulasi, peserta dapat melatih kemampuan mereka dalam mengambil keputusan, mengelola beban kerja, dan menyelesaikan masalah-masalah yang mungkin timbul dalam perencanaan tenaga kerja.

Dengan kombinasi metode presentasi, diskusi, latihan kasus, DISC Profiling, dan simulasi, peserta diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif dan keterampilan yang praktis dalam mengelola Manpower Planning And Workload. Metode ini juga memungkinkan interaksi aktif antara peserta dan fasilitator serta memfasilitasi pembelajaran yang efektif.

  1. Pengantar
    • Pengertian Manpower Planning
    • Pentingnya Workload Analysis dalam Manpower Planning
  2. Karakteristik Tenaga Kerja
    • Pengenalan karakteristik dasar tenaga kerja
    • Hubungan antara karakteristik tenaga kerja dengan penyesuaian beban kerja
  3. Pengaruh Sistem dan Lingkungan Kerja
    • Faktor-faktor yang memengaruhi produktivitas kerja
    • Analisis dampak sistem dan lingkungan kerja terhadap beban kerja
  4. Perhitungan Beban Kerja
    • Metode dan teknik pengukuran beban kerja
    • Penggunaan data dan informasi untuk perhitungan beban kerja yang akurat
  5. Manfaat dan Kegunaan Perencanaan Tenaga Kerja
    • Tujuan utama dari perencanaan tenaga kerja
    • Manfaat dari perencanaan tenaga kerja yang efektif
  6. Titik Optimum Beban Kerja dan Kebutuhan Tenaga Kerja
    • Identifikasi titik optimum beban kerja
    • Penentuan kebutuhan jumlah tenaga kerja berdasarkan analisis beban kerja
  7. Metode Kurang-Lebih (Kur-Leb)
    • Konsep dan prinsip dasar metode Kurang-Lebih
    • Penerapan metode Kurang-Lebih dalam perencanaan tenaga kerja dan beban kerja
  8. Studi Kasus dan Latihan
    • Analisis studi kasus nyata terkait perencanaan tenaga kerja dan pengukuran beban kerja
    • Latihan menggunakan metode Kurang-Lebih untuk perhitungan kebutuhan tenaga kerja
Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 23-24 September 2024
  • 25-26 November 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 23-24 September 2024
  • 25-26 November 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top