BMG Institute

How To Be A Strategic Business Partner

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

How To Be A Strategic Business Partner

Deskripsi

Sejarah Manajemen Personalia dimulai pada awal abad ke-20 sebagai bagian dari tugas penegakan hukum di lingkungan pabrik. Tugas ini meliputi penyelesaian keluhan karyawan, keselamatan kerja, pemecatan, kasus pengadilan, pemeliharaan, dan manajemen penggajian. Meskipun konsep manajemen personalia telah berkembang dengan menyertakan unsur rekrutmen, pelatihan, manajemen kinerja, serta elemen-elemen terbaru lainnya, HRD tetap menjadi kelompok eksklusif di dalam perusahaan.

Situasi ini bisa menjadi masalah baik bagi perusahaan maupun bagi kelompok HRD itu sendiri. Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, perusahaan diharapkan untuk mengoptimalkan semua sumber daya yang tersedia guna mencapai tujuan mereka. Jika ada satu bagian yang tidak memberikan nilai tambah terhadap upaya ini, hal tersebut dapat merugikan perusahaan dan juga bagian HRD itu sendiri.

Maka dari itu, muncul alternatif untuk mengubah peran HRD menjadi Mitra Strategis Bisnis, di mana HR diharapkan berperan lebih aktif dalam mencapai tujuan perusahaan. Pelatihan ini memberikan alternatif kepada para praktisi HRD dan pihak lain yang tertarik untuk memahami bagaimana merubah paradigma, perilaku, dan pengetahuan yang diperlukan bagi HRD agar dapat berperan sebagai Mitra Strategis Bisnis. Pada akhir pelatihan, peserta akan mempelajari pengalaman pribadi dari pelatih dalam menerapkan prinsip-prinsip Mitra Strategis Bisnis untuk membantu perusahaan yang awalnya mengalami kerugian sebesar 150 miliar menjadi perusahaan yang menguntungkan sebesar 500 miliar.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan dapat:

  1. Memahami perubahan yang terjadi dalam bidang Sumber Daya Manusia (HR) seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan perusahaan.
  2. Mengetahui konsep-konsep terbaru dalam bidang HR yang relevan dan dapat diterapkan dalam konteks perusahaan saat ini.
  3. Memahami apa yang dimaksud dengan Strategic Business Partner (SBP) dalam konteks HR, apa yang diharapkan dari seorang SBP, serta langkah-langkah konkret yang perlu diambil untuk menjadi SBP yang efektif.
  4. Mengetahui bagaimana konsep Strategic Business Partner diterapkan secara praktis di Indonesia, dengan memperhatikan kondisi bisnis, budaya kerja, dan regulasi yang berlaku.
  1. Presentasi: Materi akan disampaikan melalui presentasi yang jelas dan terstruktur untuk memperkenalkan konsep-konsep dan pokok bahasan yang akan dibahas.
  2. Tanya Jawab: Sesuai dengan materi yang disampaikan, peserta akan diajak untuk berdiskusi, bertanya, dan menjawab pertanyaan untuk memastikan pemahaman yang mendalam.
  3. Games: Penggunaan permainan atau aktivitas interaktif lainnya untuk memperkuat pemahaman, meningkatkan keterlibatan, dan menyegarkan suasana pelatihan.
  4. Tugas Individu: Peserta akan diberikan tugas-tugas individu yang terkait dengan materi pelatihan untuk menguji pemahaman dan mendorong pemikiran kritis.
  5. Tugas Kelompok: Selain tugas individu, peserta juga akan diberikan tugas kelompok untuk bekerja sama, berkolaborasi, dan mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dalam konteks situasi nyata.
  1. Evolusi HR: Perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam bidang Sumber Daya Manusia (HR) dari masa ke masa.
  2. Ekspektasi CEO terhadap HR: Apa yang diharapkan oleh Chief Executive Officer (CEO) dari departemen HR.
  3. HR Champion: Konsep dan model untuk peran HR yang menggabungkan beberapa peran penting seperti Strategic Partner, Administrative Expert, Employee Champions, dan Change Agent.
  4. Penerapan dari HR Champion: Bagaimana menerapkan konsep HR Champion dalam konteks perusahaan.
  5. Alternatif penerapan dari HR Champion: Pilihan-pilihan lain dalam menerapkan konsep HR Champion yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  6. Validitas HR Champion untuk Indonesia: Pertimbangan tentang apakah konsep HR Champion masih relevan dan valid untuk diterapkan di Indonesia.
  7. HR sebagai Strategic Business Partner: Peran HR sebagai mitra strategis bisnis, termasuk tugas-tugas yang diemban dan kompetensi yang dibutuhkan.
  8. Perubahan perusahaan dengan penerapan HR Business Partner: Studi kasus tentang bagaimana penerapan HR Business Partner merubah perusahaan dari kondisi rugi menjadi untung.
  9. Gambaran kondisi perusahaan sebelumnya: Analisis tentang kondisi perusahaan sebelum penerapan HR Business Partner.
  10. Langkah-langkah yang diambil: Tindakan konkret yang dilakukan dalam menerapkan HR Business Partner.
  11. Hasil yang telah dicapai: Keberhasilan dan pencapaian yang telah diraih setelah menerapkan HR Business Partner.
  12. Kesimpulan: Ringkasan dan penarikan kesimpulan dari pembahasan tentang HR Champion, HR sebagai Strategic Business Partner, dan penerapan HR Business Partner dalam perusahaan.
Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 4-5 Juni 2024
  • 5-6 Agustus 2024
  • 14-15 Oktober 2024
  • 9-10 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 4-5 Juni 2024
  • 5-6 Agustus 2024
  • 14-15 Oktober 2024
  • 9-10 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top