BMG Institute

Developing Job Analysis, Job Description, and Job Design

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Developing Job Analysis, Job Description, and Job Design

Deskripsi

Job analysis merupakan proses yang terstruktur dan sistematis untuk mengumpulkan informasi terkait pekerjaan, seperti persyaratan keterampilan, peran, tanggung jawab, dan proses yang diperlukan untuk membuat deskripsi pekerjaan yang valid. Analisis ini juga memberikan gambaran tentang kualitas sumber daya manusia (SDM) yang diperlukan untuk menjalankan pekerjaan dengan baik, termasuk aspek fisik, emosional, dan keterkaitan yang diperlukan.

Dengan melakukan job analysis, perusahaan dapat memastikan bahwa kandidat yang dipilih sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Secara jangka panjang, job analysis juga membantu dalam proses rekrutmen dan seleksi, manajemen kinerja, pengambilan keputusan terkait kompensasi, tunjangan, dan aspek lainnya yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Hal ini juga membantu karyawan untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang diharapkan dari mereka dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Sementara itu, job description adalah penjabaran tertulis mengenai tugas dan tanggung jawab suatu jabatan. Melalui job description, karyawan dapat memahami dengan jelas apa yang diharapkan dari mereka dalam pekerjaan mereka. Ini juga membantu dalam menjalin hubungan dan komunikasi yang efektif dengan pihak-pihak terkait dalam lingkup pekerjaannya. Dengan deskripsi pekerjaan yang jelas, karyawan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efisien dan tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kedua konsep ini, job analysis dan job description, memiliki peran penting dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) perusahaan untuk memastikan kesesuaian antara kebutuhan pekerjaan, kualifikasi karyawan, dan tujuan perusahaan secara keseluruhan.

Benar, karyawan yang memiliki job description yang jelas akan lebih mudah dalam melaksanakan pekerjaannya. Hal ini membantu perusahaan dalam mencapai visi dan misi mereka dengan lebih baik, karena karyawan dapat fokus pada tugas-tugas yang sesuai dengan job description mereka. Selain itu, job description yang jelas juga memberikan gambaran yang jelas bagi karyawan mengenai apa yang diharapkan dari mereka, baik oleh manajemen maupun oleh karyawan itu sendiri.

Dari hasil job analysis dan job description yang jelas, perusahaan dapat dengan lebih mudah melakukan job design atau rancangan pekerjaan. Hal ini mencakup berbagai strategi seperti job enrichment, job enlargement, mutasi, rotasi, special assignment, substitute assignment, coaching, mentoring, dan job shadowing. Semua ini bertujuan untuk mengembangkan karyawan, meningkatkan kinerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang produktif.

Melalui workshop ini, peserta akan diajak untuk memahami dan menyusun job analysis dan job description secara baik dan tepat. Mereka juga akan diajarkan untuk menerapkan job design secara strategis, sehingga program pengembangan SDM dapat berjalan dengan baik dan kinerja perusahaan dapat meningkat sesuai dengan harapan.

  1. Memahami Konsep Job Analysis: Peserta akan mempelajari konsep dasar job analysis, termasuk teknik-teknik pengumpulan data, analisis tugas, dan identifikasi kompetensi yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu.
  2. Praktek Job Analysis: Peserta akan diajak untuk melakukan praktik langsung dalam melakukan job analysis untuk pekerjaan tertentu di perusahaan mereka atau studi kasus yang disediakan.
  3. Menyusun Job Description: Peserta akan belajar bagaimana menyusun job description yang jelas, terstruktur, dan sesuai dengan hasil job analysis yang telah dilakukan.
  4. Implementasi Job Designed: Peserta akan mempelajari konsep dan prinsip job design seperti job enrichment, job enlargement, rotasi, dan lainnya untuk mengembangkan program pengembangan SDM yang efektif.
  5. Praktek Job Designed: Peserta akan diberi kesempatan untuk merancang job design berdasarkan hasil job analysis dan job description yang telah disusun.
  6. Evaluasi dan Peningkatan: Peserta akan belajar bagaimana melakukan evaluasi terhadap job analysis, job description, dan job design yang telah diimplementasikan serta melakukan peningkatan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan demikian, peserta akan memiliki pemahaman yang mendalam tentang proses job analysis, kemampuan dalam menyusun job description yang efektif, dan keterampilan dalam mengimplementasikan job designed untuk meningkatkan produktivitas kerja dan pengembangan SDM di perusahaan.

  1. Staff, Supervisor, dan Manager HRD yang ingin memperdalam kemampuan dalam pembuatan Job Analysis, Job Description, dan Job Designed untuk pengembangan SDM di perusahaan.
  2. Profesional di departemen lain yang tertarik untuk mempelajari dan memahami proses pembuatan Job Analysis, Job Description, dan Job Designed untuk mendukung pengembangan SDM perusahaan.
  3. Peserta yang ingin memahami konsep, teknik, dan praktik terbaik dalam mengelola pekerjaan, deskripsi pekerjaan, dan rancangan pekerjaan untuk mencapai produktivitas dan kinerja yang optimal di perusahaan.
  4. Individu yang bertanggung jawab atau terlibat dalam proses rekrutmen, seleksi, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, dan perencanaan strategis SDM di perusahaan.
  5. Peserta yang ingin meningkatkan pemahaman mereka tentang hubungan antara job analysis, job description, dan job design dalam konteks pengembangan SDM dan pencapaian tujuan perusahaan.

Day 1:

  1. Diskusi Awal Pemahaman Job Analysis dan Job Description
    • Penjelasan konsep job analysis dan job description.
    • Perbedaan antara job analysis dan job description.
  2. Langkah Awal Pembuatan Job Analysis
    • Tahapan-tahapan dalam melakukan job analysis.
    • Teknik-teknik pengumpulan data untuk job analysis.
  3. Manfaat dan Fungsi dari Job Analysis
    • Pentingnya job analysis dalam manajemen sumber daya manusia.
    • Bagaimana job analysis berkontribusi pada pengambilan keputusan di perusahaan.
  4. Praktek dan Latihan Membuat Job Analysis
    • Studi kasus atau latihan praktik membuat job analysis.
  5. Tahap Pembuatan Job Description
    • Langkah-langkah dalam menyusun job description.
    • Kriteria job description yang efektif.
  6. Fungsi dan Kegunaan Job Description untuk Pengembangan SDM
    • Bagaimana job description menjadi landasan untuk pengembangan karyawan.
    • Penerapan job description dalam proses manajemen kinerja.
  7. Bagaimana Mengevaluasi Job Description
    • Kriteria evaluasi job description.
    • Proses evaluasi untuk memastikan job description sesuai dengan kebutuhan.
  8. Praktek dan Latihan Membuat Job Description
    • Latihan praktik membuat job description berdasarkan job analysis yang telah dilakukan.

Day 2:

  1. Review Pelatihan Hari ke-1 Teknik Menyusun Job Analysis dan Job Description
    • Tinjauan kembali konsep dan langkah-langkah dalam pembuatan job analysis dan job description.
  2. Contoh Job Analysis dan Job Description Beserta Penjelasannya
    • Studi kasus atau contoh nyata job analysis dan job description.
  3. Tiga Element Job Designed
    • Penjelasan mengenai job design dan tiga elemen utamanya.
  4. Tujuh Komponen Job Designed
    • Rincian tentang tujuh komponen penting dalam job design.
  5. Alternatif Penggunaan Job Design
    • Berbagai jenis job design dan alternatif penggunaannya di perusahaan.
  6. Dampak dan Manfaat Job Designed bagi Perusahaan
    • Bagaimana job design berdampak pada produktivitas, motivasi, dan kinerja karyawan.
  7. Praktek dan Latihan Membuat Job Designed
    • Latihan praktik merancang job design berdasarkan job analysis dan job description.
  8. Review Pelatihan Hari ke-2 Penerapan Job Designed
    • Tinjauan kembali penerapan job design dan evaluasi hasilnya.
Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 20-21 Juni 2024
  • 19-20 Agustus 2024
  • 15-16 Oktober 2024
  • 10-11 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 20-21 Juni 2024
  • 19-20 Agustus 2024
  • 15-16 Oktober 2024
  • 10-11 Desember 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top