BMG Institute

Comprehensive Compensation & Benefit Course

Senior Trainer BMG Institute

Senior Trainer BMG Institute

Comprehensive Compensation & Benefit Course

Deskripsi

Pelatihan Comprehensive Compensation and Benefit Course bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam dan sistematis tentang prinsip-prinsip penggajian yang adil dan konsisten. Pelatihan ini mencakup pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi struktur penggajian, seperti tingkat jabatan, kompetensi, kinerja, dan regulasi yang berlaku. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan wawasan tentang kebijakan dan struktur yang dapat mengakomodasi faktor-faktor tersebut.

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan mempelajari konsep 3P dalam penggajian, yaitu Pay for People, Pay for Position, dan Pay for Performance. Konsep ini mencakup pentingnya mempertimbangkan kompetensi, pengalaman, posisi jabatan, dan kinerja dalam menentukan besaran gaji karyawan. Peserta juga akan memahami cara menyusun struktur penggajian yang memenuhi prinsip-prinsip penggajian yang adil, sederhana, tertib dalam pengadministrasian, dan melindungi sumber daya perusahaan.

Pelatihan ini sangat penting bagi para profesional Sumber Daya Manusia yang bertanggung jawab dalam mengelola penggajian karyawan, serta bagi mereka yang perlu memperbaiki struktur penggajian yang saat ini dianggap belum memenuhi standar penggajian yang adil, akuntabel, dan tertib.

Persyaratan untuk mengikuti Pelatihan Comprehensive Compensation and Benefit Course adalah sebagai berikut:

  1. Setiap peserta diharapkan membawa laptop pribadi mereka sendiri.
  2. Pastikan laptop yang dibawa memiliki koneksi internet yang stabil dan dapat digunakan untuk mengakses materi pelatihan secara online jika diperlukan.
  3. Laptop harus dapat menjalankan aplikasi atau software terkait dengan penggajian dan manfaat, jika ada latihan praktis yang membutuhkan penggunaan laptop.
  4. Peserta juga diharapkan memiliki pengetahuan dasar tentang penggunaan laptop dan aplikasi yang akan digunakan dalam pelatihan.

Dengan memenuhi persyaratan tersebut, peserta dapat mengikuti pelatihan dengan lebih efektif dan memaksimalkan manfaat dari materi yang disampaikan.

Setelah mengikuti pelatihan Comprehensive Compensation and Benefit Course ini, para peserta diharapkan:

  1. Memahami sistematika penyusunan struktur penggajian dari Job Analysis, Job Evaluation, Job Grading, hingga penyusunan struktur penggajian secara keseluruhan. Ini meliputi pemahaman terhadap proses analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pemberian peringkat pekerjaan, dan penyusunan struktur penggajian yang sesuai.
  2. Memahami pentingnya Job Description dalam penyusunan struktur penggajian. Peserta diharapkan dapat mengenali hubungan antara deskripsi pekerjaan yang jelas dengan penentuan tingkat kompensasi yang adil dan sesuai.
  3. Mengetahui pengaruh Performance Appraisal dalam kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan. Peserta diharapkan dapat memahami bagaimana evaluasi kinerja karyawan memengaruhi pengambilan keputusan terkait kompensasi dan manfaat yang diberikan.
  4. Mengetahui serta memahami perbedaan antara posisi manajerial dan non-manajerial dalam konteks penggajian. Ini termasuk pemahaman tentang kompetensi dan tanggung jawab yang berbeda antara kedua jenis posisi tersebut.
  5. Mengetahui serta memahami non-functional management yang minimal harus dikuasai dalam posisinya sebagai seorang manager. Peserta diharapkan memiliki pengetahuan dasar tentang manajemen non-fungsional seperti manajemen waktu, komunikasi efektif, kepemimpinan, dan kerjasama tim.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang aspek-aspek tersebut, peserta diharapkan dapat mengelola struktur penggajian dengan lebih efektif dan efisien, serta dapat mengambil keputusan yang tepat terkait kompensasi karyawan berdasarkan analisis pekerjaan dan kinerja.

Peserta yang diharapkan untuk mengikuti Pelatihan Comprehensive Compensation and Benefit Course meliputi:

  1. Para Pimpinan Perusahaan:
    • Direktur
    • Manajer Umum
    • Pemilik Usaha
  2. Manajer dan Staff HRD:
    • HRD Manager
    • HRD Staff
    • Manajer Rekrutmen dan Seleksi
    • Manajer Training and Development
    • Manajer HR Operations
  3. Manajer dan Staf yang Menangani Penggajian:
    • Manajer Payroll
    • Manajer Compensation and Benefits
    • Manajer Pengembangan Karyawan
  4. Individu atau Profesional Lain yang Berminat:
    • Individu yang ingin memahami lebih dalam tentang teknik penggajian
    • Konsultan HR
    • Pemilik Usaha atau Pengusaha yang ingin memperbaiki sistem penggajian di perusahaannya

Peserta dari berbagai latar belakang tersebut diharapkan dapat saling belajar dan bertukar pengalaman dalam memahami serta mengimplementasikan teknik-teknik penggajian yang efektif dan sesuai dengan prinsip-prinsip kompensasi yang adil dan konsisten.

Metode pelatihan yang akan digunakan dalam Pelatihan Comprehensive Compensation and Benefit Course adalah sebagai berikut:

  1. Presentasi Interaktif: Instruktur akan menyajikan materi dengan menggunakan presentasi yang interaktif, sehingga peserta dapat terlibat langsung dalam pembahasan dan pemahaman materi.
  2. Diskusi Kelompok: Peserta akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk melakukan diskusi tentang kasus-kasus praktis terkait dengan penggajian dan manfaat. Diskusi kelompok ini akan dipandu oleh instruktur untuk menggali pemahaman yang lebih dalam.
  3. Studi Kasus: Peserta akan diberikan studi kasus nyata yang terkait dengan penggajian dan manfaat untuk dianalisis bersama-sama. Hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta dalam menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam situasi praktis.
  4. Latihan Praktis: Selain itu, peserta juga akan diberikan latihan-latihan praktis yang mencakup penggunaan alat-alat atau software terkait penggajian dan manfaat. Peserta diharapkan membawa laptop agar dapat langsung melakukan latihan dan mendapatkan pengalaman praktis.
  5. Tanya Jawab: Sesi tanya jawab akan diberikan secara terstruktur untuk memastikan pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan. Peserta dapat mengajukan pertanyaan dan berdiskusi lebih lanjut dengan instruktur.

Dengan kombinasi metode tersebut, diharapkan peserta dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif dan mampu mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dalam konteks nyata di lingkungan kerja mereka.

  1. Sistematika Penyusunan Penggajian: a. Pengertian dan Prinsip-prinsip Penggajian b. Proses Job Analysis: Identifikasi Tugas, Tanggung Jawab, dan Persyaratan Pekerjaan c. Proses Job Evaluation: Penilaian Nilai dan Kontribusi Pekerjaan d. Proses Job Grading: Pengelompokan Pekerjaan Berdasarkan Nilai e. Penyusunan Struktur Penggajian: Menggunakan Hasil Job Grading untuk Menetapkan Gaji
  2. Analisis dan Evaluasi Jabatan: a. Definisi Analisis Jabatan b. Teknik-teknik Analisis Jabatan: Observasi, Wawancara, dan Survei c. Tujuan Evaluasi Jabatan: Menilai Nilai Relatif dan Posisi Jabatan dalam Organisasi d. Metode Evaluasi Jabatan: Ranking, Job Classification, dan Point Factor
  3. Job Grading sebagai Piranti Penyusunan Struktur Penggajian: a. Konsep dan Tujuan Job Grading b. Proses Penilaian Jabatan: Penentuan Tingkat dan Kelas Pekerjaan c. Penggunaan Hasil Job Grading dalam Penyusunan Struktur Penggajian
  4. Pentingnya Menetapkan Mid Point: a. Pengertian Mid Point dalam Struktur Penggajian b. Manfaat Menetapkan Mid Point: Menjaga Keseimbangan dan Konsistensi Penggajian c. Kriteria Menetapkan Mid Point yang Tepat
  5. Compa Ratio sebagai Alat Bantu Keseimbangan Penggajian: a. Definisi dan Pengertian Compa Ratio b. Cara Menghitung Compa Ratio: Perbandingan Gaji dengan Mid Point c. Penggunaan Compa Ratio untuk Menilai Konsistensi Penggajian
  6. Latihan Praktis: a. Studi Kasus: Analisis Jabatan, Evaluasi Jabatan, dan Job Grading b. Simulasi Penyusunan Struktur Penggajian: Menggunakan Data Hasil Evaluasi untuk Menetapkan Gaji c. Diskusi Kelompok: Menganalisis Hasil Latihan dan Memahami Implikasi Keseimbangan Penggajian

Materi-materi di atas dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang langkah-langkah dan proses dalam penyusunan struktur penggajian yang adil, konsisten, dan akuntabel. Selain itu, latihan praktis juga dimasukkan untuk memperdalam pemahaman peserta dan mempersiapkan mereka dalam menghadapi situasi yang nyata terkait dengan manajemen kompensasi dan benefit.

Bagikan outline ini

Informasi Pelaksanaan

Jadwal Selanjutnya
  • 13-14 Mei 2024
  • 6-7 Juni 2024
  • 11-12 Juli 2024
  • 29-30 Agustus 2024
  • 11-12 September 2024
  • 16-17 Oktober 2024
  • 21-22 November 2024

*Harga belum termasuk PPN

Informasi Pelaksanaan

*Harga belum termasuk PPN

In-Class Training

  • 13-14 Mei 2024
  • 6-7 Juni 2024
  • 11-12 Juli 2024
  • 29-30 Agustus 2024
  • 11-12 September 2024
  • 16-17 Oktober 2024
  • 21-22 November 2024

*Harga belum termasuk PPN

Bagikan outline ini

Pelatihan lainnya

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Running

Rp 4.850.000

Scroll to Top