STRATEGI PEMASARAN HOLISTIK BERBASIS NILAI (VALUE-BASED HOLISTIC MARKETING STRATEGY)

PENDAHULUAN

Peran pemasaran dalam mendukung keberhasilan suatu perusahaan sudah lama disadari, baik oleh  pengamat pemasaran maupun oleh para praktisi pemasaran. Secara umum diakui bahwa strategi pemasaran yang efektif adalah strategi pemasaran yang berorientasi kepada pasar atau pelanggan (market/customer oriented marketing strategy). Persaingan yang semakin meningkat dipadu dengan sikap konsumen yang semakin kritis telah membuat orientasi kepada pasar tidak lagi cukup, karena penentu keberhasilan perusahaan sekarang bukan hanya kedekatan hubungan dengan pelanggan melainkan juga hubungan perusahaan dengan berbagai elemen lain di lingkungan internal dan eksternal perusahaan .

Dibutuhkan pendekatan baru dalam strategi pemasaran yang dapat mengakomodasi kepentingan berbagai pihak di dalam dan di luar perusahaan. Pendekatan baru ini dikenal dengan nama pemasaran holistik berbasis nilai. Strategi pemasaran yang semula lebih banyak ditekankan pada pemenuhan kebutuhan pelanggan kini mulai diorientasikan ke berbagai pihak yang juga menentukan efektivitas perusahaan dalam melayani pelanggan. Pelatihan ini dirancang untuk mengajak perusahaan lebih meningkatkan efektivitas pemasarannya dengan menerapkan strategi pemasaran holistik berbasis nilai.

 

PESERTA

Peserta yang diharapkan berpartisipasi dalam pelatihan ini adalah para manajer menengah dan pratama dari berbagai unit/departemen di perusahaan (tidak terbatas hanya pada pejabat di bidang pemasaran). Para peserta hendaknya telah memiliki pengetahuan dasar tentang konsep pemasaran dan memiliki minat yang kuat terhadap bidang pemasaran. Pengalaman di bidang pemasaran dan/atau penjualan akan sangat membantu dalam meningkatkan efektivitas pelatihan ini. Disarankan agar jumlah peserta minimal 12 orang dan maksimal 24 orang. Dengan jumlah peserta seperti ini diharapkan pelatihan akan berjalan secara optimal.

METODE PENYAMPAIAN

Pelatihan ini menggunakan metode andragogi (pelatihan untuk orang dewasa). Porsi pemberian materi secara kuliah sangat dibatasi, tidak lebih dari 25 persen waktu total. Tujuh puluh lima persen dari waktu disediakan untuk kegiatan diskusi kelas dan diskusi kelompok dengan menggunakan bahan diskusi dari internal perusahaan. Untuk itu peserta diharapkan dapat membawa data/informasi tentang produk dan aktivitas pemasaran perusahaan (sejauh data tersebut tidak dirahasiakan). Semua informasi yang diungkap dalam pelatihan tidak akan dibuka untuk umum.

 TOPIK BAHASAN

- Konsep Pemasaran Holistik

  • Pengertian Pemasaran Holistik
  • Orientasi Pasar pada Pemasaran Holistik

- Konsep Nilai dalam Pemasaran

  • Pengertian Nilai dalam Pemasaran
  • Proses Pembentukan Nilai

- Elemen-elemen Pemasaran Holistik

- Diskusi Kasus dan Pembahasan

- Strategi Pemasaran Holistik

  • Penetapan Sasaran
  • Elemen-elemen Kunci Strategi

- Perumusan Strategi Pemasaran Holistik (diskusi)
- Penyusunan Program Pemasaran Holistik
- (diskusi dan presentasi akhir)

 TRAINER

Dr. Agus Maulana

Dr. Agus Maulana adalah seorang Senior profesional trainer di BMG Institute, saat ini beliau juga aktif mengajar di beberapa Universitas Negeri dan Swasta untuk program Pascasarja S2 dan S3 seperti Pascasarjana FISIP UI , Sekolah Pascasarjana (Program Manajemen dan Bisnis) – IPB  (S2 and S3), Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (S2, Program MM Universitas Atmajaya, Jakarta (S2), MM Universitas Dr. Sutomo, Surabaya (S2), STIA-LAN, Jakarta (S2)

Beliau sangat ahli dalam bidang Marketing Management, Sales Management, Strategic Management, Market Research, Salesmanship, Problem Solving and Decision Making, Supervisory Management, Leadership, Customer Satisfaction, Consumer Behavior, Training for Trainers, Presentation Techniques, Balanced Scorecard, Marketing Planning, The Art and Skill of Negotiation, Change Management, Corporate Strategic Planning.

facebooktwittergoogleemail

Registration Form

Topik Training

Judul Training (required)
Tanggal Training (required)
 
Data Kontak

Nama (required)
Jabatan
Perusahaan
Alamat Perusahaan
Alamat Email (required)
Telp. Mobile
Telp. Kantor
No. Extensi
Daftar Peserta  
 
Pesan Untuk Penyelenggara  
 
 

This entry was posted in HR. MANPOWER. Bookmark the permalink. Comments are closed, but you can leave a trackback: Trackback URL.