Standar Akuntansi Keuangan Syariah

Background

Akuntansi merupakan bidang yang tidak bias dielakkan dalam kehidupan kelembagaan saat ini, bail lembaga keuangan maupun non keuangan. PSAK (Pedoman Standar Akuntansi Keuangan) merupakan dasar atau pedoman yang digunakan dalam menyusun pelaporan keuangan baik buruknya perkembangan PSAK ini secara otomatis akan mempengaruhi bagus tidaknya perkembangan akuntansi.

Seiring dengan berjalannya waktu, ekonomi syariah pun mulai menjadi salah satu focus di dalam lembaga keuangan, yang tidak lagi hanya sebagai alternative atas kekurangan ekonomi konvensional, tetapi sudah menjadi perekonomian solutif dalam memecahkan persoalan ekonomi. Oleh karena itu, keberadaan akuntansi syariah mutlak diperlukan untuk mengimbangi laju perkembangan ekonomi syariah ini.

Keberadaan PSAK Syariah yang baik akan mendorong terciptanya sistem akuntansi yang baik pula, sehingga akan tersedia informasi yang dapat dipercaya. Peran keberadaan PSAK Syariah yang matang, berimbas pada perkembangan Lembaga Keuangan Syariah. Dalam hal ini, bias kita ambil suatu kesimpulan bahwa keberadaan PSAK Syariah memiliki peranan penting dalam hal pengembangan ekonomi syariah secara praktik. Kesempurnaan PSAK Syariah sebagai pedoman dalam pelaporan dan pengambilan keputusan, akan berdampak pada maju dan makin dipercaya eksistensi dari lembaga keuangan syariah, yamg kemudian mengarah pada berkembangnya lembaga keuangan syariah tersebut. Selanjutnya, proses yang terjadi setelah masifnya lembaga keuangan syariah tersebut adalah pesatnya perkembangan ekonomi syariah secara praktis yang kemudian mendukung perkembangan ekonomi syariah secara teoritis.

 

Materi Pelatihan :

  • PSAK 101 : Penyajian Laporan Keuangan Syariah
  • PSAK 102 : Akuntansi Murabahah
  • PSAK 103 : Akuntansi Salam
  • PSAK 104 : Akuntansi Istishna
  • PSAK 105 : Akuntansi Mudharabah
  • PSAK 106 : Akuntansi Musyarakah
  • PSAK 107 : Akuntansi Ijarah
  • PSAK 108 : Akuntansi Syariah
  • PSAK 109 : Akuntansi, Zakat, Infak dan Sedekah

TRAINER

Tim Praktisi dan Pengajar BMG Training

Praktisi Manajemen Perusahaan, Akunting dan keuangan dengan pengalaman lebih dari 15 s.d 20 tahun dan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Operational Director, Finance Director, Financial Planning Manager, Finance and Accounting Manager, dan Accounting Manager.

Pernah bekerja di Nasional dan Multinasional terkemuka di Indonesia dan lulusan dari universitas terkemuka dari dalam dan luar negeri.

facebooktwittergoogleemail

Registration Form

Topik Training

Judul Training (required)
Tanggal Training (required)
 
Data Kontak

Nama (required)
Jabatan
Perusahaan
Alamat Perusahaan
Alamat Email (required)
Telp. Mobile
Telp. Kantor
No. Extensi
Daftar Peserta  
 
Pesan Untuk Penyelenggara  
 
 

This entry was posted in FINANCE & ACCOUNTING, PAJAK, PUBLIC TRAINING. Bookmark the permalink. Comments are closed, but you can leave a trackback: Trackback URL.