PSAK yang Sesuai Dengan Industri Asuransi

Background

Industri asuransi adalah salah satu industry yang padat dengan peraturan (regulated industry) dan menempati posisi penting dalam menjalankan roda perekonimian di Indonesia. Kontribusi premi bruto industry asuuransi terhadap pendapatan nasional atau produk domestic bruto di tahun 2011 berkisar sekitar 1,7% dengan menempati posisi ke 67. SEdangkan pertumbuhan premi asuransi tersebut memiliki angka kisaran 20,86% dan pertumbuhan asuransi jiwa sekitar 26,02%. Iindustri jasa keuangan terutaa industry asuransi jiwa yang berbasis kepercayaan nasabah, selalu mengutamakan “data reability” karena melakukan bisnis dalam jangka panjang. Dalam pengelolaan data keuangan ini diperlukan suatu sistem pelaporan yang standar, menyajikan informasi yang jeas, tepat waktu, transparan , dan memiliki akuntabilitas.

Dewan Standar Akuntansi Keuangna Ikatan Akuntan Indonesia telah menegesahkan dan menerbitkan 3 PSAK untuk asuransi tersebut. 3 PSAK yaitu :

  1. PSAK 62 Kontrak Asuransi memiliki tujuan untuk mengatur pelaporan keuangan kontrak asuransi oleh setiap entitas yang menerbitkan kontrak asuransi
  2. PSAK 28 Rrevisi 2011 Akuntansi Kontrak Asuransi Kerugian merupakan PSAK yang pengaturannya melengkapi PSAK 62. Oleh sebab itu untuk insurer yang memiliki kontrak asuransi kerugian selain menerapkan PSAK 62, juga harus menerapkan persyaratan dalam PSAK 28 Revisi 2011
  3. PSAK 36 Revisi 2011 Akuntansi Kontrak Asuransi Jiwa merupakan PSAK yang pengaturannya melengkapi PSAK 62. Oleh sebab itu untuk insurer yang memiliki kontrak asuransi jiwa selain menerapkan PSAK 62, juga harus menerapkan persyaratan dalam PSAK 28 Revisi 2011.

Pelatihan ini bertujuan supaya peserta dalam industri asuransi dapat memahami dan mengimplementasikan standar akuntansi keuangan yang telah konvergen dengan IFRS di dalam laporan keuangan mereka.

 

Materi Pelatihan :

  • Membaca laporan keuangan perusahaan sebelumnya
  • PSAK terbaru VS PSAK sebelumnya
  • Perhitungan Aktuaria bidang asuransi kerugian, asuransi jiwa dan kontrak asuransi
  • Prosedur penyesuaian pos-pos dalam laporan keuangan yang terdampak perubahan PSAK terkait (PSAK 55 Revisi 2011, PSAK 50Revisi 2010, PSAK 60, PSAK 62, PSAK 28 Revisi 2011, PSAK 36 Revisi 2011)

PSAK Relevan

  • PSAK 62 Kontrak Asuransi
  • PSAK 36 Revisi 2011 Akuntansi Kontrak Asuransi Jiwa
  • PSAK 28 Revisi 2011 Akuntansi Kontrak Asuransi Kerugian
  • PSAK 55 Revisi 2011 Instrumen Keuangan Pengakuan dan Pengukuran
  • PSAK 60 Instrumen Keuangan : Pengungkapan

 

TRAINER

Tim Praktisi dan Pengajar BMG Training

facebooktwittergoogleemail

Registration Form

Topik Training

Judul Training (required)
Tanggal Training (required)
 
Data Kontak

Nama (required)
Jabatan
Perusahaan
Alamat Perusahaan
Alamat Email (required)
Telp. Mobile
Telp. Kantor
No. Extensi
Daftar Peserta  
 
Pesan Untuk Penyelenggara  
 
 

This entry was posted in INSURANCE, PUBLIC TRAINING. Bookmark the permalink. Comments are closed, but you can leave a trackback: Trackback URL.